Tanya Dokter

  • Benjolan di tenggorokan terasa sakit

  • Dok saya mau tanyak di tenggorokan sebelah kanan saya terasa sakit dan mumcul benjolan kalo disentuh terasa keras terus di pegang sakit.di iringi kadang terasa skit di telinga,

    Hai Anas,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Munculnya benjolan yang menyebabkan nyeri di tenggorokan kemungkinan besar menandakan tonsilofaringitis (radang amandel dan tenggorokan). Umumnya, kondisi ini muncul sebagai akibat dari infeksi virus atau bakteri. Karena meradang, maka amandel, yakni salah satu bagian dari organ yang berfungsi dalam menjaga daya tahan tubuh, akan mengalami pembengkakan dan timbullah benjolan. Apabila benjolan berukuran cukup besar, maka penderita bisa sampai mengalami gangguan pernapasan yang membuatnya menjadi sulit tidur.

    Seringnya, tonsilofaringitis terjadi ketika virus atau bakteri masuk ke dalam mulut. Akibatnya, amandel akan meradang sebagai upayanya untuk menangkal mikroorganisme penyebab infeksi tersebut. Akan tetapi, seiring dengan pertambahan usia kita, fungsi amandel dalam menjaga imunitas biasanya mengalami penurunan. Akibatnya, amandel sendiri lebih rentan mengalami infeksi. Hal inilah yang bisa menyebabkan penderitanya merasakan sensasi tidak nyaman, khususnya di area tenggorokan, yakni bisa berupa perih, berdahak, panas, dan sebagainya. Tidak hanya itu, kerap juga muncul berbagai keluhan lain, seperti demam, mual, muntah, batuk, lendir mulut berdarah, bau mulut tidak sedap, dan sebagainya. Peradangan yang terjadi di area tenggorokan dan amandel sangat rentan menyebar hingga ke telinga bagian tengah karena ada saluran yang menghubungkannya (tuba Eustachius). Hal inilah kemungkinan yang menyebabkan telinga Anda ikut merasa nyeri.

    Sebaiknya, Anda memeriksakan langsung keluhan Anda ke dokter THT. Dengan evaluasi langsung, dokter pun dapa mengidentifikasi, apakah benar keluhan Anda timbul karena tonsilofaringitis, ataukah ada penyebab lainnya, misalnya abses peritonsiler, infeksi jamur pada mulut, infeksi virus atau bakteri lain, keganasan, dan sebagainya. Bila perlu, dokter akan juga melakukan pemeriksaan laboratorium, pemeriksaan sampel jaringan dari tenggorokan, dan sebagainya.

    Sementara ini, Anda bisa lakukan dulu beberapa tips di bawah:

    • Konsumsi obat paracetamol guna meredakan nyeri di tenggorokan dan telinga Anda
    • Tidak memegang-megang benjolan yang muncul di tenggorokan
    • Berkumur dengan air garam dan sikat gigi teratur
    • Jangan melakukan seks oral dengan orang yang tidak Anda ketahui dengan jelas riwayat seksualnya
    • Perbanyak beristirahat
    • Perbanyak minum air hangat dan makanan yang kaya vitamin C
    • Kurangi makan makanan pedas, berminyak
    • Jangan merokok

    Semoga membantu ya..

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah