Tanya Dokter

  • Benjolan di belakang telinga kanan namun tidak sakit

  •  Diara
    Anggota

    Assalamualaikum wr. wb.

    Selamat pagi

    Mohon informasinya dok, umur saya 25 tahun beberapa bulan lalu saya baru menyadari bahwa dibalik telinga kanan saya ada benjolan lembut, seperti berisi cairan atau sejenisnya namun tidak mengganggu dan tidak sakit.

    Apakah berhahaya dok?

    Apakah tetap perlu dilakukan pemeriksaan?

    Apa penyebab benjolan tersebut? apa karena pernah sakit panas beberapa bulan lalu atau ada hal lain?

    Apa ada alternatif pengobatan untuk mengempeskan benjolan tersebut tanpa harus ke rumah sakit, karena terus terang ada ketakutan dengan hasil diagnosis nantinya.

     

    Terima kasih

    Halo Diara, Benjolan pada belakang telinga memiliki beberapa kemungkinan:

    • Penyakit kulit seperti jerawat dan abses (bisul)
    • Pembengkakak kelenjar getah bening. Pada tubuh manusia terdapat banyak kelenjar getah bening, salah satunya adalah belakang telinga. Fungsi kelenjar getah bening adalah memproduksi pertahanan tubuh untuk melawan infeksi. Maka dari itu jika terjadi infeksi disekitar kelenjar getah bening, maka reaksi kelenjar akan memproduksi lebih banyak pertahanan (antibodi) sehingga terkadang menjadi besar (bengkak)
    • Infeksi tulang belakang telinga yang lebih dikenal dengan mastoiditis
    • Tumor
    Berbahaya atau tidak tergantung dari penyebabnya. Untuk memastikan penyebab pembengkakan, sebaiknya anda memeriksakan diri ke dokter spesialis THT atau dokter spesialis kulit. Pemeriksaan lebih lanjut akan dilakukan untuk menegakan diagnosa sehingga penanganan dapat dilakukan dengan lebih akurat. Tidak ada alternatif pengobatan yang dapat dilakukan tanpa mengetahui secara pasti penyebab masalahnya. Diskusi ini dapat bermanfaat juga. Semoga membantu, Dr. Yosephine U. L. Simanungkalit