Tanya Dokter

  • Cara mengatasi tekanan darah yang selalu tinggi

  • Dok,saya pria 29th penederita Obesitas yang sudah hampir 7tahun lamanya,tensi tinggi saya gak turun2... dulu pernah 210/100.. yang saya rasa seperti ada penymbatan darah di kepala area dahi..tapi saya hanya berusaha mengobati sendiri dengan ramuan2 tradisional... ..nah kurang lebih 3 tahun an yang lalu,saya mulai merasa ada benjolan kecil di punggung kiri saya yang jika di sentuh itu malah timbul gejala panik seperti serangan jantung,jantung saya menjadi berdebar..keluar keringat... cemas... kira2 2 - 3 menit an saya diamkan,baru panik itu reda... saya juga gak tau apa benjolan ini muncul sejak dulu atau baru2 ini gara2 tensi saya selalu tinggi,entahlah.. .yang pasti sampai saat ini saya menulis,efeknya gak hilang2.... jika tangan kiri saya agak ke belakang dikit,efek seperti mau mati nya muncul kembali...  saya gak tau,apakah benjolan ini lipoma atau gelembung berbahaya di peredaran darah saya... pokoknya jika benjolan ini semisal terhalang atau tertekan,efek nya kayak aliran darah saya seakan mau berhenti.

    Halo Pak Riad, terimakasih atas pertanyaan yang Anda sampaikan.

    Pertama-tama saya kira jelas bahwa tekanan darah yang mencapai 210/100 bukanlah hipertensi / darah tinggi yang boleh diremehkan karena tekanan darah setinggi itu jelas berpotensi menyebabkan gangguan berbagai organ. kerusakan pada mata, ginjal, jantung dan otak adalah yang paling sering terjadi sebagai komplikasi kondisi semacam ini. Saya kira jelas bahwa kondisi yang Anda alami perlu dikelola oleh dokter dan bukannya mengandalkan pengobatan yang Anda lakukan sendiri selama ini.

    1. Pastikan Anda membatasi asupan garam dapur / makanan asin, secara umum untuk pasien seperti Anda jumlah maksimal garam yang dikonsumsi sehari sebaiknya tidak lebih dari 1500 mg / kira kira 1 sdt

    2. kunjungi dokter spesialis penyakit dalam

    Kunjungan ke dokter penyakit dalam pentin untuk dilakukan untuk mengelola tekanan darah Anda dengan optimal serta memeriksa benjolan yang anda maksudkan, apakah karena proses seperti infeksi, tumor jinak / ganas, atau pelebaran pembuluh darah dan lain sebagianya dan jika memang diperlukan dapat diberikan rujukan / saran untuk konsultasi ke dokter yang sesuai.

    Selain itu pada umumnya dokter penyakit dalam juga dilatih mengenai ilmu psikosomatik, sehingga turut menilai gangguan-gangguan kejiwaan seperti depresi atau gangguan cemas yang mungkin ada, karena dari tulisan yang Anda sampaikan, sangat kentara sekali kecemasan yang dirasakan. Jika memang diperlukan maka dokter dapat turut mengelola gangguan cemas itu.

    hipertensi

    Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.

     

    dr. Lili