Tanya Dokter

  • Menghilangkan benjolan dan rasa gatal paha, lutut, dll

  • Malam dok,, sekitar sebulan ini,saya gatal2 pada bagian tertentu, paha,lutut, perut,sela2 jari ,bokong,dan bagian alat vital saya,, apakah itu ciri dari penyakit scabies ya dok. Gatal hebatnya pada saat malam hari dan di area buah zakar saya timbul benjolan kecil yg sangat banyak dan tebal.. Saya sangat tidak nyaman dok dg keberadaan benjolan itu ,, bagaimana cara menghilangkan benjolan dan rasa gatalnya itu dok? Saya sudah berobat kedokter tp masih belum sembuh , mohon pencerahanya dok, trimakasih 🙏

    Halo Acil,

     

    Gatal disertai benjolan di berbagai bagian tubuh terutama dibagian sela-sela jari dan alat vital memang sangat menyerupai gejala scabies atau infeksi dari tungau bernama Sarcoptes scabiei. 

     

     Pengobatan skabies adalah dengan cara mengoleskan obat di tempat yang terasa gatal dengan obat seperti permethrin, malathion, dan sulfur. Pengobatan obat oles ini dibiarkan selama 12 - 24 jam agar mencapai efek maksimal yaitu membunuh kutu. Kemudian bilaslah dengan air bersih. Pengolesan obat dapat diulang 1 minggu kemudian untuk memastikan kutu telah mati. Karena sering kali menyerang orang yang tingga di tempat yang padat misalnya di asrama, kos-kosan atau bahan di satu lingkup keluarga, pengobatan harus dilakukan pada seluruh orang yang tinggal di tempat yang sama, agar tidak saling menulari kembali. 

     

    Selain itu langkah lain yang harus dilakukan adalah merendam seluruh pakaian, seprai, handuk dan bahan-bahan lain yang berpotensi dihinggapi kutu dengan air panas, sabun dan jemur di panas matahari.

     

    Beberapa kondisi lain yang mirip degan infeksi skabies antara lain adalah :

    • Eksantema akibat infeksi virus
    • Pemfigus vulosa
    • Folikulitis
    • Infeksi kutu kelamin
    • Alergi

    Untuk memastikan Anda dapat berkonsultasi dengan dokter sepsialis kulit dan kelamin (Sp.KK) selain melakukan pemeriksaan fisik mungkin perlu dilakukan beberapa pemeriksaan penunjang, misalnya pemeriksaan mikroskopik dari swab pada lesi atau pun tes alergi.

     

    Sekian, semoga bermanfaat

     

    Dr. Siti Rahmayanti