Tanya Dokter

  • Tangan dan kaki dipenuhi bentol berair putih kekuningan

  •  beat west
    Anggota

    halo dok. saya mau tanya. ditangan dan kaki saya terdapat bentol dan berair warna putih kekuningan. dulu hanya ada ditangan. waktu ke dokter, katanya stress. sempat sembuh trus sekarang kumat lagi. sekarang di kaki juga dan terus bermunculan. ini sebenarnya sakit apa? dan bagaimana solusinya? terima kasih

    Terima kasih beat west atas pertanyaannya di forum Alodokter, kondisi yang Saudara gambarkan saat ini dapat disebabkan oleh suatu kondisi sebagai berikut:
    - dishidrosis
    - infeksi virus
    - infeksi bakteri

    Dishidrosis merupakan sauatu kondisi yang penyebabnya masih belum diketahui secara jelas, namun kondisi ini seringkali dikaitkan dengan beberapa faktor risiko seperti:
    - keadaan stress
    - paparan terhadap beberapa bahan logam (seperti kobalt dan nikel)
    - kulit yang sensitif
    - memiliki riwayat atopik

    Pada kondisi ini biasanya gejala dapat timbul berupa:
    - timbul bentol berair 
    - biasanya terjadi pada jari-jari dan telapak tangan, walau terkadang juga dapat timbul pada kaki
    - dapat terasa nyeri atau gatal
    - seringkali dapat berulang

    Karena kondisi ini masih di belum diketahui jelas penyebabnya, pencegahan yang ditujukan pada keadaan ini cukup sulit. Namun Saudara tetap dapat mencegah faktor-faktor risiko yang dapat menimbulkan keadaan ini seperti:
    - mengelola stress dengan baik
    - menghindari paparan logam seperti kobalt dan nikel
    - merawat kulit dengan baik (termasuk menghindari kontak dengan bahan iritan, seperti sabun cuci atau bahan kimia lainnya)

    Pada kondisi ini biasanya penanganan dapat diberikan pelembab dan krim kortikosteroid, namun kondisi ini sebaiknya dapat dikonsultasikan lebih dahulu bersama dokter terkait guna dapat dilakukan pemeriksaan secara langsung sebelum dapat diberikannya suatu penanganan yang tepat.

    Berikut terdapat diskusi lainnya seputar dishidrosis

    Sekian dari saya, semoga dapat membantu
    dr. Christian Chandra