Tanya Dokter

  • Benturan di Kepala

  • Malam Dok. Saya Annisa 20 tahun. Sekitar 6 bulan lalu saya mengalami kecelakaan ringan dan membuat kepala saya terbentur paving. saat itu helm yang saya pakai terlempar sehingga kepala dan sekitar tulang ekor terbentur paving. Kemudian, satu bulan lalu tiba-tiba saya mengalami vertigo, apakah itu akibat dari benturan 6 bulan lalu atau tidak ya dok? Karna saya pernah baca juga kalau vertigo berasal dari penyakit maag. Terimakasih.

    Hai Annisa, Kepala terbentur merupakan salah satu bagian dari trauma kepala. Trauma kepala dibagi menjadi 3 yaitu:

    1. Trauma kepala ringan yang ditandai dengan penurunan kesadaran benerapa saat saja, mual, muntah, lemas, dll
    2. Trauma kepala sedang ditandai dengan penurunan kesadaran beberapa menit sampai jam, sakit kepala yang semakin memburuk, lemah tubuh, dll
    3. Trauma kepala berat ditandai dengan penurunan kesadaran yang semakin parah, pupil mata tidak sama kiri dan kanan atau terjadinya pelebaran pupil, kejang, dll
    Biasanya gejala yang dialami akan langsung terjadi saat setelah terjadinya trauma kepala. Pada saat anda mengalami trauma kepala anda harus memperhatikan keadaan anda selama 2x24 jam karena pada saat itu sangat rentan terjadinya gejala susulan akibat trauma kepala. Jika sudah lebih dari waktu tersebut sangat jarang akan terjadi keluhan lagi. Keluhan sakit kepala di luar trauma dapat disebabkan oleh dua hal yaitu:
    • Sakit kepala primer yang disebabkan oleh gangguan struktur di kepala yang sangat sensitif dengan rasa sakit. Yang dibagi menjadi sakit kepala cluster, sakit kepala tesion, migrain dan Trigeminal Autonomic Cephalgia(TAU).
    • Sakit kepala sekunder yang disebabkan oleh penyakit tertentu seperti sakit gigi, hipertensi, gegar otak, meningitis, dll
    Sakit maag juga dapat menyebabkan sakit kepala sebagai gejala penyerta. Namun harus tetaop dipastikan apakah anda memiliki sakit maag atau tidak. Tulang ekor yang terbentur akan lebih berpengaruh untuk terasa nyeri pada saat anda duduk dibandingkan dengan sakit kepala. Jika anda mengalami sakit kepala yang sangat mengganggu dan nyeri yang tidak tertahankan sebaiknya anda melakukan pemeriksaan ke dokter agar dapat dilakukan berbagai pemeriksaan seperti tes darah, CT Scan atau MRI untuk meenentukan penyebab dari sakit kepala yang anda alami sehingga dapat diberikan pengobatan yang sesuai. Anda dapat mengkonsumsi obat pereda nyeri seperti paracetamol yang dijual di pasaran. Anda dapat melakukan berbagai tips di bawah ini:
    • Makan teratur
    • Istirahat cukup minimal 8 jam dalam satu hari
    • Minum air mineral 2 liter dalam 1 hari
    • Mengurangi konsumsi makanan yang mengandung oengawet
    • dll
    Anda dapat membaca artikel di bawah ini: Sakit kepala Semoga membantu dr.Yosephine U L Simanungkalit

    Iyaa dok, saya punya penyakit maag yang sudah saya derita sejak masih SMA. Begitu ya dok, berarti bukan karna benturan 6 bulan lalu kan? Terimakasih atas jawaban dan sarannya Dokter Yossi :)