Tanya Dokter

  • Efek samping pusing setelah mengonsumsi alprazolam

  •  andri
    Anggota

    Dok, ibu saya usia 59th konsumsi alprazomal generik 1 tablet 0,5mg (baru kali ini). Setelah konsumsi efek samping jd pusing, brp lama efek samping dari alprazomal ini? (Ibu saya mau berpergian dan konsumsi pun gara2 sebelumnya susah tidur) dan apakah tidak berbahaya jika langsung dihentikan soalnya baru 1 kali makan?? Soalnya artikel ttg alprazomal dikatakan seperti itu (bahaya jika langsung dihentikan)

    andri  dr. Rico N
    Dokter

    Halo Andri, Sebelumnya perlu saya tanyakan mengapa ibu anda sampai mengkonsumsi alprazolam? apakah konsumsi nerdasarkan resep dokter? Perlu diketahui bahwa alprazolam termasuk ke dalam golongan obat benzodiazepin yang umumnya digunakan pada pasien dengan gangguan cemas atau digunakan untuk memperoleh efek sedasi / membuat kantuk. Penggunaan HARUS dengan resep dokter, karena jika penggunaan dilakukan dengan sembarangan dapat menimbulkan adiksi / ketergantungan. Overdosis alprazolam juga dapat berakibat fatal, hingga terjadi henti nafas, oleh karena itu sekali lagi, obat ini hanya boleh digunakan dengan resep dokter. mengantuk, depresi, sakit kepala, pusing, konstipasi, diare, mual dan mulut kering merupakan efek samping yang umum dijumpai. Alprazolam merupakan benzodiazepin yang memiliki masa kerja panjang, sehingga umummya efek samping pada orang tua jika muncul, dapat bertahan hingga 16-24 jam. (adanya penurunan fungsi ginjal atau liver dapat memperpanjang waktu eliminasi obat ini). Jika penggunaan baru 1 kali, umumnya dapat langsung dihentikan karena umumnya belum menimbulkan efek putus obat. Jika sudah menggunakannya jangka panjang, sebaiknya harus berkonsultasi langsung dengan dokter yang biasa menangani ibu anda untuk cara penghentiannya. alprazolam demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat

    andri  andri
    Anggota

    Makasi jawabannya dr Nico, ibu saya dikasi sama dokter karena susah tidur dan tensinya naik. Awalnya memang ga pernah konsumsi tp karna mau berpergian jauh takut tensinya makin naik jadinya konsumsi tp sudah dihentikan konsumsinya.

    andri  andri
    Anggota

    Maaf dr Rico salah ketik hehe Makasi jawabannya

    andri  Jimmy
    Anggota

    Selamat malam dok , Sebelumnya saya adalah seorang pecandu heroin untuk waktu yg lama sehingga kehidupan saya berantakan . setelah saya sudah tidak lagi menggunakan heroin saya merasa hidup saya ini sudah tertinggal jauh . masa masa muda saya dihabiskan untuk mencari dan memakai heroin. Jadi saya menggunakan alprazolam sebagai penenang . karena saya depresi dengan keadaan saya saat ini yg gagal. Setelah lama menggunakan alprazolam kurang lebih 7 tahun saya mulai jenuh karena saat ini sulit membeli obat tersebut . banyak apotik yg tidak sedia narkotik didaerah saya sehingga saya harus mencari jauh kemana mana. Berapa lama dok waktu untuk bisa berhenti alprazolam dan mengatasi rasa cemas dan ke diri jika tidak menggunakan . Terimakasih .