Tanya Dokter

  • Berat badan normal pada bayi usia 5 bulan

  •  Decant
    Anggota

    Dok, saya mau tnya.. Anak saya brumur 5bln jln 6bln dok. Skrang bb nya 6,2kg. Apakah itu normal dok. Waktu lahir bb nya 2.4kg. Trus stlah satu bulan naiknya 1,2kg. Tp bulan2 brikutnya kenaikan nya mulai menurun, dari 800g, 500g, lalu skrang2 hnya 100-200g. Kira2 apa yg mmpengaruhi kenaikan bb nya yaa dok. Apa dari makanan yg saya konsumsi, atau dari konsumsi asi yg kurang atau apa yaa dok? Padahal setiap hari saya rajin makan sayur dan buah2an agar asi ttp melimpah. Lalu bagaimana solusinya agar bb anak saya bisa naik dgn cepat dok?

    Hai Decant,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Seiring dengan banyaknya aktifitas yang bisa dilakukan bayi, maka memang peningkatan berat badan bayi akan semakin melambat. Bila pada bulan-bulan pertama kehidupannya berat badan bayi bisa meningkat drastis, bahkan hingga lebih dari 1 kg per bulannya, namun pada saat ia sudah bisa berguling, bahkan merangkak atau berjalan, maka peningkatan berat badan memang tidak akan sesignifikan sebelumnya. Kondisi ini belum tentu merupakan suatu kelainan.

    Jika bayi Anda laki-laki, berat normalnya saat ini adalah berkisar antara 6,9 hingga 8,7 kg. Sedangkan, jika bayi Anda perempuan, maka berat badan bisa berkisar antara 6,2 hingga 8,1 kg. Jadi, perlu diperjelas dulu apakah bayi Anda berjenis kelamin pria atau wanita?

    Bila dinilai sekilas berdasarkan keterangan yang Anda sampaikan, kemungkinan pertumbuhan anak Anda masih tergolong wajar, meski tidak optimal. Kondisi ini kemungkinan dipengaruhi juga dengan riwayat bayi Anda yang terlahir dengan kondisi BBLR (berat bayi lahir rendah). Bayi dengan riwayat BBLR memang kerap kali memiliki pencapaian tumbuh kembang yang lebih lambat dibanding bayi lain seusianya.

    Di samping itu, berat badan bayi Anda yang tidak optimal bisa juga dipengaruhi oleh faktor lain, misalnya:

    • Genetik (bawaan)
    • Riwayat lahir prematur
    • Asupan gizi tidak optimal, termasuk juga akibat kendala menyusu, ASI yang tidak adekuat, pemberian MPASI terlalu dini
    • Penyakit lain yang diderita, misalnya kanker, tuberkulosis, gangguan jantung, kelainan kelenjar tiroid, gastroenteritis, penyakit Crohn, dan sebagainya

    Evaluasi menyeluruh perlu dilakukan langsung oleh dokter spesialis anak untuk mendeteksi, apakah keterlambatan pertumbuhan anak Anda ada kaitannya dengan suatu penyakit, atau tidak. Karenanya, sebaiknya Anda memeriksakan bayi Anda langsung ke dokter spesialis anak ya.. Bila diperlukan, pemeriksaan lanjutan, seperti tes Mantoux, laboratorium, rontgen, atau USG akan dokter lakukan agar penyebab keluhan bayi Anda bisa diidentifikasi dan diatasi dengan baik.

    Pemeriksaan dokter bisa juga dilakukan untuk menilai apakah bayi Anda sudah cukup untuk makan atau belum. Bila sudah, maka pemberian MPASI dini mungkin juga akan dokter sarankan untuk mengejar ketertinggalan berat badan. 

    Sementara ini, mengingat usia bayi Anda baru 5 bulan, berfokuslah dalam meningkatkan kualitas serta kuantitas ASI Anda. Caranya yakni dengan menyusuinya secara rutin 1 hingga 3 jam sekali. Rajin mengosongkan payudara, selain dengan disusui, bisa juga dengan diperah. Penuhi kebutuhan gizi Anda, yakni dengan mengkonsumsi makanan bergizi, bervariasi, dan ditambahkan dengan sayur serta buah yang cukup. Perbanyak minum serta hindari stres ataupun kelelahan yang berlebihan. Jaga selalu diri dan lingkungan sekitar bayi Anda agar selalu bersih agar bayi terhindari dari penyakit berbahaya.

     

    Berat bayi normal

     

    Semoga membantu ya..

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah