Tanya Dokter

  • Berat badan tetap saat hamil

  • selamat siang dok, usia saya 22 tahun. saat ini saya sedang hamil, sudah memasuki minggu ke 19. Tapi kenapa berat badan saya tidak naik ya dok? saya sudah konsultasi ke bidan terdekat dan usg, dari hasil pemeriksaan, bayi saya normal. tapi saya tetap khawatir dok. u,u

    Hallo Renie Septiana,

    Terimakasih telah bertanya di Alodokter

    Berat badan ibu hamil yang tidak naik atau  malah turun memang sering membuat khawatir. Hal yang paling di takutkana dalah pertumbuhan janin dan berat janin yang ikut tidak berkembang dan tidak normal. Namun jika memang sudah di lakukan USG  dan disebutkan berat bayi anda dalam tahapan normal ibu jangan terlalu khawatir. Biasanya pada beberapa ibu di awal kehamilan mengalami emesis atau muntah, terkadang dapat terjadi hiperemesis dimana ibu mual muntah yang berlebihan dari normal dan sulit makan. Sehingga kondisi ini tidak jarang beberapa ibu mengalami penurunan berat badan di awal kehamilan. Kenaikan berat badan ibu memang berbeda-beda. Beberapa akan naik bertahap dari trimester pertama, ada yang naik sejak trimester ke dua. Sehingga ibu diharapkan jangan terlalu khawatir dan cemas. Selama pemeriksaan dokter dan hasil USG dokter mengatakan berat dan kondisi janin baik ibu jangan khawatir berati kondisi janin dalam batas normal. Biasanya pada kehamilan 4 bulan (17-20 minggu) Janin memiliki perkiraan berat badan normal sekitar 140 gram - 300 gram. Periksakan kondisi kandunganan anda rutin sebulan sekali untuk memantau keadaan ibu dan janin dalam keadaan sehat. Jika anda masih ragu dan takut sangat disarankan memeriksakan diri pada dokter spesialis kandungan agar dapat dilakukan pemeriskaan pada anda dan janin anda dan berkonsultasi mengenai hal ini. Beberapa saran untuk anda agar dapat menaikan berat adalah:

    • Makan porsi sedikit tapi sering dapat hingga 5 kali
    • Selalu sedia makanan ringan untuk mengemil disela-sela jam makan
    • Selalu berfikir positif dapat menjaga kesehatan anda dan janin anda
    • Jika mengalami mual muntah berlebihan sebaiknya anda berkonsultasi kepada dokter spesialis kandungan mengenai keadaan ini.

    Anda dapat membaca artikel terkait " Kenali pertambahan berat badan ibu yang normal" dan " Hamil 4 bulan".

    Semoga membantu dan bermanfaat

    dr. Uswatun