Tanya Dokter

  • Bibir kering, bengkak, gatal dan pecah - pecah setelah menggunakan madu

  • selamat pagi dok, maaf dok saya mau tanya bibir saya awalnya kering lalu sebelum tidur saya kasih madu tapi keesokan harinya bibir malah gatel, beruntusan trus bengkak dok dan disamping-samping bibir kering dan pecah-pecah parah istilahnya (berengan) dan sudah 5 hari ini bibir semakin gatal trus panas dok. bagaimana cara menanganinya dok, mohon dijawab.. terima kasih 

    Selamat pagi, terima kasih telah bertanya di Alodokter. Kumpulan gejala yang Anda rasakan bisa disebabkan setidaknya oleh dua hal, alergi dan gigitan serangga. Walaupun sedikit orang yang alergi terhadap madu, namun tidak menutup kemungkinan Anda alergi terhadap madu. Hal ini dikarenakan gejala gatel, bengkak, panas yang Anda rasakan khas muncul pada kondisi Alergi.

    Disamping itu, gigitan serangga juga bisa menimbulkan gejala yang sama. Hal ini juga dimungkinkan oleh karena madu yang karena aroma dan manisnya, menarik serangga ketika Anda tidur. Yang manapun kondisi ini yang mewakili gejala Anda, atau malah yang diluar ini, saran terbaiknya adalah periksakan diri Anda ke dokter spesialis kulit. Selain itu sebaiknya Anda tidak mengoleskan atau mengonsumsi madu terlebih dahulu dan silahkan konsumsi obat yang mengandung antihistamin yang dapat Anda cari di apotek terdekat untuk penanganan pertama. Untuk mengurangi bibir kering mungkin Anda bisa menggunakan lip gloss untuk sementara dan tentang masalah ini juga boleh Anda tanyakan saat kunjungan Anda ke dokter kulit nanti. Semoga Anda lekas sembuh.

    Sekian, semoga membantu.

    dr. Amadeo D. Basfiansa