Tanya Dokter

  • Bintik merah di beberapa bagian tubuh bayi usia 1 bulan

  •  Steven Choww
    Anggota
    Dok saya mau tanya. Anak saya baru umur 1bulan dan di bagian pipi tangan kaki dan perut bnyk bintik2 merah nya.. kira2 knp itu ya dok? Dan bintik merah nya itu sdh ada dr usia bbrp hari stlh lahir tapi bayi saya tidak rewel atau demam. apa mungkin karena cuaca yg panas.berhubung didaerah perantauan saya panas.. dan bayi saya juga slalu berkeringat banyak klo udah kegerahan tu. Apa bisa jd bintik nya itu muncul krna dr keringat itu dok? Kira2 bagaimana mengatasinya ya? Apa kah bhya atau tidak utk bayi nya? Terima kasih

    Hai Steven,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Bintik-bintik kemerahan di kulit pipi, tangan, kaki, dan perut pada bayi yang kerap berkeringat kemungkinan besar terjadi akibat miliaria, atau disebut juga dengan biang keringat.

    Perlu Anda ketahui, pada kondisi lingkungan yang panas, tubuh Anda mengeluarkan kelebihan panas tubuh dengan banyak berkeringat. Keringat yang berlebih ini bisa menyumbat saluran keluar dari kelenjar keringat itu sendiri sehingga memicu peradangan pada kulit, yang ditandai dengan kulit kemerahan, berbintik-bintik, gatal, atau bisa juga berair, bernanah, dan mengelupas. Peradangan bisa lebih hebat apabila terdapat penekanan di area kulit yang banyak berkeringat tersebut, misalnya akibat bayi terlalu banyak berbaring, penggunaan pakaian yang terlalu ketat, penaburan bedak berlebihan, dan sebagainya.

    Bisa juga, bintik-bintik yang anak Anda alami muncul akibat sebab lain, misalnya impetigo, folikulitis, dermatitis atopik, dermatitis kontak, cacar air, exanthema virus, gigitan serangga, dan sebagainya.

    Apabila benar yang anak Anda alami merupakan biang keringat, pada umumnya kondisi tersebut tidaklah berbahaya. Yang perlu Anda lakukan adalah:

    • Jaga sirkulasi udara di sekitar bayi Anda agar tidak gerah atau panas berlebihan
    • Jaga juga lingkungan sekitar bayi agar senantiasa bersih
    • Beri bayi pakaian yang longgar dan berbahan sejuk
    • Tidak menggosok berlebihan bintik yang muncul
    • Tidak juga memberikan bedak atau krim apapun di bintik tersebut kecuali disarankan oleh dokter
    • Mandikan bayi 2x sehari menggunakan sabun khusus bayi
    • Beri bayi ASI eksklusif hingga usianya 6 bulan untuk menjaga daya tahan tubuhnya
    • Ubah-ubah posisi bayi saat tidur

    Apabila dengan langkah di atas keluhan tidak juga membaik, Anda bisa memeriksakan langsung bayi Anda ke dokter supaya ditangani lebih lanjut.

    Semoga membantu ya..

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah