Tanya Dokter

  • Bintik merah di kaki dan tangan tetapi tidak gatal

  • Assalamualaikum dokter. Sudah sekitar satu bulan belakangan saya timbul bintik merah kecil di kulit tangan & kaki tanpa gatal, padahal saya tdk punya alergi apapun. Bintiknya pun berpindah-pindah kadang di paha, betis, sampai ke telapak kaki atau telapak tangan. Bintiknya tdk terlalu banyak sih tapi mungkin jumlahnya belasan. Saya khawatir karena terus muncul dan belum hilang sampai sekarang. Buang air besar saya juga kurang lancar, hanya satu kali dalam 3 atau 4 hari. Mohon jawabannya dokter, terima kasih.

    Halo Nida, Terima kasih atas pertanyaannya.

    Bintik merah yang muncul pada tubuh dapat disebabkan oleh:

    Untuk memastikan penyebabnya tentu Anda sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter karena selain memerlukan informasi lebih lanjut tentang keluhan ini, dokter juga perlu memeriksa bintik merah yang dimaksud. Kemudian, dokter baru dapat menentukan penanganan yang terbaik untuk Anda. Untuk sementara, cobalah awasi keluhan ini, perhatikan apakah ada hal-hal yang dapat memicu kemunculan bintik merah ini dan silakan menghindarinya. Hindari paparan udara panas, kenakan pakaian yang longgar dengan bahan yang mudah menyerap keringat.

    Di sisi lain, kebiasaan seseorang BAB dipengaruhi oleh berbagai faktor yaitu makanan, minuman, aktivitas fisik, konsumsi obat-obatan, atau kondisi medis tertentu. Seseorang dikatakan mengalami konstipasi jika frekuensi BAB kurang dari 3 kali per minggu, tidak tuntas setelah BAB, atau tidak dapat BAB sama sekali. Bagaimanakah pola makan dan kebiasaan konsumsi air putih Anda? Kedua faktor ini berpedan besar dalam menentukan kebiasaan BAB Anda. Silakan Anda lakukan anjuran berikut:

    • tingkatkan konsumsi makanan berserat sepeti sayuran, buah-buahan,dan kacang-kacangan
    • perbanyak konsumsi air putih setikdanya 2 liter per hari
    • tetap aktif bergerak/ berkativitas fisik/ berolahraga dengan teratur
    • hindari kebiasaan mengabaikan panggilan untuk BAB

    Jika keluhan masih berlanjut walaupun Anda sudah memodifikasi gaya hidup Anda, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter untuk pemeriksaan dan penanganan selanjutnya. Konsultasikan juga dengan dokter jika Anda mengkonsumsi obat-obatan secara teratur karena ada beberapa obat yang memiliki efek samping konstipasi.

    Semoga informasi ini berguna.

    Dr. Aloisia