Tanya Dokter

  • Bintik putih disekitar tenggorokan dan amandel

  •  Putrimus
    Anggota

    halo dok, dari bulan lalu tenggorokan saya muncul bintik putih dan kemudian semakin banyak sampai diamandel dan pangkal tenggorokan saya tapi saya tidak merasakan sakit dok , itu penyakit apa ya dok? terima kasih dok

    Halo Saudari Putrimus, Bintik putih disekitar tenggorokan dan amandel dapat merupakan : Detritus yakni sisa kuman dan debris atau zat sisa dari amandel, putih kekungan lunak, timbul dari dalam amandel. Selaput candida oral yakni timbul selaput putih pada mulut akibat infeksi jamur. Infeksi Herpes ditandai dengan muncul lenting isi cairan menyebabkan sakit tenggorokan rasa panas, dapat disertai infeksi kuman sehingga berwarna kuning keputihan. Keadaan ini dapat diperiksakan ke dokter terdekat atau dokter spesialis THT (telinga hidung tenggorokan) untuk mendapat pemeriksaan langsung, dan dapat dilakukan tindakan pengorekan sedikit untuk mengambil contoh sample. Pemeriksaan langsung akan sangat membantu mendiagnosa penyakit ini. Pemeriksaan dapat mengetahui ukuran tonsil atau amandel apakah ada indikasi operasi. Bila disertai batuk, pilek, demam maka dapat dilakukan pemeriksaan darah dan hitung jenis leukosit, bahkan bila adanya batuk lama dapat disarankan pemeriksaan dahak dan foto rontgen dada. Pengobatand apat berupa pengobatan antibiotik dan antiradang hingga operasi.

    Yang dapat disarankan untuk dilakukan dirumah adalah konsumsi air hangat rutin, hindari makanan berpemanis buatan dan perasa buatan/MSG hingga hindari minuman dingin dan utama hindari gorengan. Tingkatkan daya tahan tubuh dengan konsumsi air 1,5-2 liter sehari, konsumsi buah dan sayuran atau bila perlu suplemen, istirahat cukup hindari bergadang. Gunakan masker pernafasan untuk melindungi dari penularan penyakit dilingkungan luar. Klik artikel : memeriksakan keluhan ke dokter THTpenyebab sakit tenggorokan.