Tanya Dokter

  • Kaitan perubahan mood dengan gangguan bipolar

  •  Rivia
    Anggota
    Dok saya mau tanya, saya memiliki mood yg tidak beraturan sangat mudah sekali marah, lalu setelah marah sangat menyesal lalu menangis dan tidak lama mood saya normal dan bisa sangat bahagia, saya sangat mudah tersinggung tidak mau disalah kan dan tidak mau orang menyalahkan kata-kata saya. Terkadang saya sadar atas kemarahan saya lalu berulang terus seperti itu, meskipun ibadah saya lancar namun itu tidak mempengaruhi mood saya menjadi baik. Apakah saya memiliki gangguan bipolar atau kejiwaan ? Terima kasih
    Rivia  dr. Adhi Pasha
    Dokter

    Halo Rivia,

    Perubahan mood dapat terjadi dipengaruhi oleh banyak hal, mulai dari lingkungan sekitar, pekerjaan, aktivitas fisik, lingkungan sosial, pengaruh hormonal, pengaruh neurotransmiter yang mempengaruhi mood, dan lainnya. Jika Anda kesulitan untuk menjaga mood ataupun mood sering kali berubah secara drastis dari tiba-tiba marah dan sedih atau tidak bergairah melakukan apa-apa menjadi tiba-tiba sangat bahagia tanpa sejak jelas ada baiknya jika dilakukan analisa lebih lanjut ataupun Anda bisa meminta bantuan profesional untuk dilakukan pemeriksaan salah satunya adalah wawancara untuk menggali keterangan baik pada diri Anda sendiri ataupun pada orang lain yang mendampingi atau yang mengetahui ketika perubahan mood Anda terjadi.

    Setelahnya dokter akan menentukan permasalahan apa yang terjadi, dan menentukan tindakan selanjutnya. Penatalaksanaan awal yang akan dilakukan tentunya konseling untuk mencari tahu pemicu dan memperbaiki pola hidup yang lebih sehat. Selain itu juga dokter dapat memberikan obat-obatan jika diperlukan, tujuannya adalah untuk membuat mood agar lebih stabil dan meningkatkan kualitas hidup menjadi lebih baik.

    Upayakan untuk beristirahat dengan cukup, makan dengan baik, berolahraga secara teratur, rutin menjalankan hobi yang Anda senangi, jangan lupa meminta bantuan orang lain salah satunya seperti curhat pada orang yang Anda percaya agar membantu mengatasi masalah yang Anda alami dan konsultasikan kondisi Anda lebih lanjut pada dokter atau dokter ahli psikiatri untuk pemeriksaan lebih lanjut.

    Semoga bermanfaat,

    dr. Adhi P.