Tanya Dokter

  • penyebab dan mengatasi perubahan mood yang drastis

  •  Hyeraa
    Anggota

    Dok belakangan kali ini saya menjadi orang yg mempunyai sifat pemarah, emosional,moodswing yang secara drastis kadang tanpa pengebab.teman dekat saya kadang bingung kenapa saya bisa badmood dan dia bilang saat saya badmood selalu mengeluarkan kata-kata kasar,marah-marah tanpa alasan,natap orang sinis,dan selalu mengeluarkan kata-kata pedas.padahal itu bukan sifat asli saya,dan beberapa jam kemudian sifat asli saya kembali muncul menjadi seorang yg periang, tertawa lepas,ramah,baik.Saya kadang tidak sadar kenapa saya bisa badmood, marah-marah bahkan pernah sampai melukai diri sendiri. Waktu saya sedang ada konflik dengan beberapa teman-teman. disitu saya sangat merasa marah dan emosi sehingga tanpa sadar saya hampir melukai salah satu teman saya untung teman yg lain membantu memegangi tangan dan memeluk saya.teman baru saya pun bilang sifat saya aneh berubah-ubah tanpa sebab padahal saya rasa biasa aja. Dan saya selalu merasa sakit kepala yg luar biasa ketika menahan amarah, maupun setelah meluapkan emosi.kadang saya mendengar suara aneh dikepala saya.berdasarkan artikel tentang alter ego dan bipolar hampir semua ciri-ciri saya masuk.

    Hyeraa  dr. Adhi Pasha
    Dokter

    Halo Hyeraa,

    Permasalahan psikologis merupakan permasalahan yang cukup kompleks dan terkadang memerlukan penanganan yang lebih agar dapat mengatasinya. Bipolar sendiri adalah merupakan perubahan mood atau suasana hati yang terjadi secara fluktuatif dan drastis dimana bisa tiba-tiba sangat bahagia dari sebelumnya sangat sedih ataupun kebalikannya.

    Kondisi-kondisi ini dapat dipicu oleh banyak faktor, mulai dari rumah tangga, keluarga, ekonomi, pekerjaan, gangguan tidur, penggunaan zat tertentu ataupun juga dapat dipicu oleh penyakit fisik.

    Jika kondisi ini sudah mengganggu aktivitas sehari-hari ataupun juga mengganggu hubungan sosial dengan orang-orang disekitar Anda maka perlu untuk dilakukan penanganan. Bicarakan hal yang sekiranya menjadi peimcunya pada orang yang Anda percaya agar dapat membantu melegakkan perasaan ataupun membantu mencari penyebabnya.

    Anda juga bisa memeriksakan diri pada profesional seperti pada dokter ahli psikiatri agar dilakukan wawancara lebih dalam untuk diketahui kondisi yang Anda alami dan dilakukan penanganan lebih lanjut baik konseling ataupun juga pemberian obat jika diperlukan. Upayakan untuk melakukan rileksasi dan kegiatan yang dapat membuat pikiran lebih tenang seperti menjalankan hobi yang Anda senangi ataupun kegiatan lain seperti misalnya berolahraga dengan rutin.

    Semoga bermanfaat,

    dr. Adhi P.