Tanya Dokter

  • penyebab munculnya benjolan merah di tubuh anak

  •  Arifin Tahir
    Anggota

    malam dok, saya ingin bertnya. ini anak saya mengalami benjolan merah dan ujungnya ada putih2. ketika saya pegang benjolan tersebut keras dok. mohon bantuannya. trimakasih

    Hai Arifin,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Perlu diperjelas sebelumnya, dimana persisnya lokasi benjolan tersebut? Seberapa besar ukurannya? Apakah terasa nyeri? Apakah ada keluhan lain yang menyertainya?

    Benjolan yang keras, berwarna kemerahan, dan berujung putih memang umumnya disebabkan oleh folikulitis atau oleh masyarakat awam kerap disebut dengan bisul. Kondisi ini timbul akibat infeksi pada akar rambut, karenanya bisa muncul di bagian tubuh manapun yang ditumbuhi rambut. Penyebab utama infeksi ini adalah Staphylococcus aureus, yakni suatu bakteri yang normalnya memang berada di permukaan kulit. Lantas, bagaimana bakteri ini bisa masuk dan menginfeksi akar rambut? Hal ini bisa disebabkan oleh kebersihan yang kurang baik, memiliki masalah kulit (misalnya eksim), atau juga karena daya tahan tubuh yang kurang baik (misalnya akibat HIV/ AIDS, diabetes, atau sedang menjalani kemoterapi untuk mengatasi kanker).

    Tidak hanya bisul, benjolan sebagaimana yang anak Anda alami mungkin juga terjadi akibat sebab lainnya, misalnya:

    • Jerawat (infeksi kelenjar pilosebasea oleh bakteri P. acne)
    • Miliaria profunda (biang keringat, infeksi kelenjar keringat)
    • Gigitan serangga
    • Kista sebasea (kantung berisi cairan yang bersifat jinak di kelenjar minyak)
    • Kutil (infeksi virus HPV)
    • Candidiasis kutan (infeksi jamur)
    • Tumor, dan sebagainya

    Mengingat sangat terbatasnya informasi yang diberikan, sulit bagi kami menentukan penanganan terbaik atas kondisi anak Anda. Jadi, sebaiknya Anda memeriksakan langsung anak Anda ke dokter ya.. Bila benar penyebabnya adalah bisul, penanganan bisa dilakukan dengan pemberian antibiotik topikal, oral, atau bahkan pembedahan.

    Sementara ini, hangan memecahkan paksa benjolan yang muncul di kulit anak Anda. Beri tahu juga anak Anda untuk tidak memegang-megangnya terlalu sering supaya tidak terjadi iritasi. Rajin mandikan anak Anda 2 kali sehari dan beri ia pakaian yang bersih serta kering. Tidak mengaplikasikan apapun pada benjolan yang muncul kecuali bila disarankan oleh dokter.

    Semoga membantu ya..

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah