Tanya Dokter

  • bayi usia 6 bulan belum bisa tengkurep

  •  Choir Fandana
    Anggota

    Ank sy sdh untuk 6bln blm bs tengkurep cm miring2 sja...ap berarti ank sy bermasalh?scra gerakannya dia aktif...ank sy perempuan brat bdn kmren timbang 7.4kg mnt dokter apakah ank sy bermasalh?bgmn mengatasi nya dok?trimakasih

    Hai Choir,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Sebagian besar bayi akan bisa menengkurapkan badannya pada usia 3 hingga 5 bulan. Namun, memang ada juga sebagian kecil bayi yang baru bisa tengkurap saat berusia 5 hingga 7 bulan. Karenanya, kondisi yang bayi Anda alami sesungguhnya belum tentu merupakan suatu kelainan. Bila dilihat dari berat badannya, pertumbuhan bayi Anda masih tergolong normal untuk seusianya.

    Kurangnya stimulasi seringkali menjadi faktor utama keterlambatan perkembangan pada bayi. Oleh karenanya, untuk membantu bayi Anda belajar tengkurap, Anda sebaiknya lebih sering mengajaknya bermain. Coba stimulasi ia untuk tengkurap dengan meletakkan benda atau mainan kesukaannya di luar jangkauannya. Jadikan stimulasi tersebut sebagai suatu yang menyenangkan, tidak mengintimidasi, apalagi sampai melelahkan. Lakukan stimulasi tersebut disesuaikan dengan kondisi anak, misalnya ketika anak sudah kenyang dan tidak mengantuk. Tidak perlu membanding-bandingkan pencapaian perkembangan anak Anda dengan anak orang lain, karena bisa saja bervariasi.

    Selain tengkurap, bayi berusia 7 bulan umumnya sudah mahir juga menegakkan kepalanya dengan tegak dan menopang berat badannya ketika diberdirikan. Bayi pun akan senang bermain cilukba. Selama bayi Anda masih tampak aktif, menampakkan aspek perkembangan lain yang baik (baik aspek bicara, motorik halus, dan sosioemosional-nya), maka tidak perlu khawatir ya.. Lakukan stimulasi sebagaimana dijelaskan di atas secara konsisten.

    Apabila hingga usia 9 bulan bayi Anda masih belum mahir, maka Anda bisa memeriksakan bayi Anda langsung ke dokter spesialis anak sub divisi tumbuh kembang. Dokter akan melakukan evaluasi akan kemungkinan adanya penyebab lain keterlambatan perkembangannya, misalnya akibat cerebral palsy, gangguan kognitif, dan sebagainya.

    Semoga membantu ya..

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah