Tanya Dokter

  • Bolehkah pemberian vaksin TT/ MR saat hamil 1 bulan

  •  Agasshi Ayy
    Anggota

    Dok saya sudah hamil 1 bulan tapi saya belun suntik paksin MR ataupun TT karena saya belum berencana untuk hamil tapi ketika saya menikah saya lupa tidak suntik kb setelah menunggu haid berikutnya ternyata tidak haid dan positif hamil. Bagaimana ya dok kalo baru sekarang di suntik paksinnya?

    Hai Agasshi.. Teriamakasih untuk pertanyaan yang diberikan.

    Pada ibu hamil baiknya diberikan suntikan vaksin TT (Tetanus toxoid) yang berfungsi untuk memberi perlindungan baik pada ibu maupun pada janin. Pada kehamilan pertama kali maka dokter seringnya memberikan suntikan TT pada kehamilan usia 7 bulan atau 28 minggu. Setelah itu suntikan kedua akan diberikan 4 minggu setelah pemberian suntikan vaksin yang pertama. Sehingga bila anda divaksin pada kehamilan minggu ke 28 maka suntikan berikutnya diberikan pada kehamilan minggu ke 32. Sedangkan pemberian suntikan ke 3 diberikan 6 bulan setelah suntikan ke 2. 

    Sedangkan sebaiknya ibu hamil tidak menjalani vaksin MR selama kehamilan. Baiknya vaksin ini diberikan maksimal 1 bulan sebelum kehamilan. Selain vaksin MR, vaksin lain yang baiknya dihindari selama kehamilan ialah: vaksin varicella, vaksin hepatitis A, vaksin polio. Baiknya anda tetap berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan anda menggenai proses pemberian vaksin selama kehamilan.

    Semoga bermanfaat

    dr. Iriyanti