Tanya Dokter

  • Sesak nafas dan dada sakit setelah sembuh dari batuk kering

  • Dok saya 2 minggu lalu selama 3 hari mengalami batuk kering dan gatal, setelah itu saya batuk berdahak dan flu banyak mengeluarkan lendir yang berwana kuning. Setelah pergi ke dokter flu dan batuk berdahak saya berkurang dan sembuh. Setelah itu sekarang saya merasa sesak nafas, dada terasa sesak dan sakit. Susah untuk bernafas. Gejala penyakit apakah ini dokter ?

    Halo Cintia, Batuk, merupakan refleks tubuh untuk mengeluarkan lendir yang terkumpul dalam saluran pernapasan. Lendir ini muncul sebagai respon tubuh terhadap peradangan atau infeksi yang disebabkan oleh mikroorganisme seperti virus ataupun bakteri. Penyebab batuk Batuk berdahak dan sesak napas, kemungkinan dapat menjadi tanda dari kondisi berikut:

    Akan tetapi jika melihat dari waktu yang masih belum kronis (masih kurang dari 3 minggu) maka kemungkinan tuberkulosis masih lebih kecil terjadi daripada bronkitis dan pneumonia. Pada batuk yang kurang dari 2 minggu, umumnya disebabkan oleh infeksi virus. Infeksi virus, secara umum dapat sembuh sendiri dan tidak memerlukan intervensi pengobatan selain mengurangi gejala saja. Akan tetapi, jika infeksi disebabkan oleh bakteri, perlu dilakukan pengobatan dengan antibiotik untuk mengatasi bakteri penyebab infeksi. Untuk menentukan penyebab dari keluhan Anda, diperlukan pemeriksaan fisik dan juga pemeriksaan laboratorium seperti pemeriksaan dahak, dan pemeriksaan foto rontgen dada, jika diperlukan. Segera hubungi dokter jika Anda batuk disertai dengan gejala berikut: Apabila keluhan Anda tersebut disebabkan oleh infeksi, maka diperlukan penanganan segera untuk mengatasi kuman penyebab infeksi. Selain itu, dilakukan penanganan lain sesuai dengan keluhan yang Anda rasakan. Jika diperlukan, dokter dapat merujuk Anda kepada dokter ahli penyakit paru, yang lebih berkompeten. Pengobatan batuk Demikian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga membantu. dr. Agatha