Tanya Dokter

  • Buah zakar nyeri sampai ke perut bawah kanan

  •  Antoni Wijaya
    Anggota

    Selamat sore dok perkenalkan nama saya antoni wijaya umur 30 th, buah zakar saya sebelah kanan agak besar dari yang kiri terus nyeri sampai ke perut bawah sebelah kanan,gejalanya udah 2 hari ini saya rasakan dok, badan saya demam, nafsu makan saya berkurang, dan terus di bawaah telinga saya sebelaah kiri agak bengkak,saya takut ini bisa berbahaya buat saya dok,terima kasih sebelumnya dok.

    Halo Tn Antoni,

    pembesaran pada buah zakat dapat disebabkan beberapa hal seperti : Hernia skrotalis yakni turunnya bagian usus dari dinding oerut mengisi rongga kantong zakar pembengkakan hilang tinbul. Hidrokel yakni penumpukan cairan didalam kantong zakar. Varikokel yakni pembengkakan pembukuh darah vena di testis. Orchitis yakni akibat infeksi testis.

    Waspadai bila pembengkakan disertai demam, nyeri perut yang semakin memberat, gangguan BAB, tidak dapat BAK dan nyeri hebat di buah zakar maka harus segera mendapat penanganan dokter di Rumah sakit terdekat.

    setelah pemeriksaan fisik area pembengkakan dilakukan, dokter akan menyarankan oemeriksaan lanjutan seperti pemeriksaan hematologi darah, Dan USG. Pengobatan dilakukan sesuai penyebab seperti pemberian antibiotik, antinyeri, hingga operasi bila diperlukan.

    Yang dapat dilakukan dirumah seperti hindari mnegurut perut, hindari penggunaan celana dalam dan celana yang ketat, konsumsi obat paracetamol bila ada demam dan nyeri sebagai pertolongan pertama, jaga kebersihan diri dan organ intim, hindari menggaruk. Smeoga bermanfaat