Tanya Dokter

  • mengobati batuk pilek pada anak hingga sesak napas

  •  Ridho P
    Anggota

    Hallo dok,anak saya usia 4bulan sakit batuk pilek,hingga susah bernafas karena hidungnya tertutup lendir dahak tsb. Yg mau saya tanyakan saya punya nebulizer dirumah, nah utk obat campurannya pakai apa ya dok?

    Selamat malam, terima kasih telah bertanya di Alodokter. Batuk pilek dan susah atau sesak napas memang seringkali mengkhawatirkan, terutama jika terjadi pada anak yang masih sangat belia. Diantara kemungkinan kondisi yang menimbulkan sesak napas pada anak adalah:

    • Asma. Merupakan penyakit peradangan saluran napas dan dipicu oleh faktor keturunan, alergi, polusi dan cuaca dingin
    • Pneumonia. Penyakit infeksi paru yang bisa muncul karena bakteri, virus, jamur maupun parasit
    • Bronkiolitis. Infeksi paru, umumnya karena virus, yang menyebabkan peradangan dan penyumbatan pada salah satu struktur paru, dan menghasilkan sesak

     

    Jika Anda ingin tahu lebih lanjut tentang sesak pada anak, silakan klik link berikut menuju artikel kami tentang Sesak Nafas. Pada kasus anak Anda, setidaknya ada dua hal yang harus Anda perhatikan. Pertama adalah ada banyak kondisi yang menimbulkan sesak, dan tidak semuanya bisa ditangani dengan nebulizer atau uap. Terlebih karena usia anak Anda yang masih 4 bulan, riwayat penyakitnya belum cukup panjang untuk langsung diberikan nebulizer tanpa pemeriksaan dokter.

    Kedua, kalaupun butuh nebulizer, campurannya biasanya merupakan obat yang tidak bisa Anda dapatkan begitu saja tanpa resep, apalagi anak Anda masih bayi dan membutuhkan penyesuaian dosis yang sebaiknya ditentukan oleh dokter.

    Sehingga, akan jauh lebih baik jika Anda periksakan dulu anak Anda ke dokter, agar dokter Anda nanti bisa menentukan kecenderungan penyakit anak Anda. Bila ada kecurigaan yang mengarah ke infeksi bakteri, maka dokter Anda mungkin akan meresepkan antibiotik.

    Sementara itu, tetap berikan ASI pada anak Anda, dan jika Anda ingin menguap, berikan uap yang relatif lebih aman berupa uap air biasa setelah direbus. Jika anak Anda demam atau sesaknya semakin parah, segera bawa ke IGD RS terdekat. Semoga anak Anda lekas sembuh.

    Sekian, semoga membantu.

    dr. Amadeo D. Basfiansa