Tanya Dokter

  • Cairan putih dari anus

  •  Aryan Ditoo
    Anggota

    Dok saya mau tanya. 

    anus saya terasa sakit dan mengeluarkan cairan putih. bentuknya cair tidak kental. itu kenapa ya dok. sejauh ini saya tidak mengalami rasa sakit selain di anus saat buang air besar. 

    Terima kasih atas kepercayaan anda kepada Alodokter.

    Anus adalah bagian terakhir dari sistem pencernaan manusia. Anus sendiri tersusun atas otot yang berfungsi menutup atau membuka lubang untuk mengatur pengeluaran kotoran / feses. Agar dapat menutup dengan baik anus mempunyai bantalan yang dinamakan hemoroid. Di sekitar hemoroid juga terdapat kelenjar yang fungsinya menghasilkan lendir untuk melumasi pengeluaran feses.

    Namun tidak jarang muncul gangguan-gangguan pada struktur anus tersebut, di antaranya adalah :

    1. Abses perianal, yaitu infeksi pada kelenjar anus sehingga menyebabkan terbentuknya nanah yang terkumpul di dalam. Akibatnya muncul benjolan yang terasa nyeri, panas, seperti ditusuk-tusuk. Infeksi dapat terjadi akibat luka pada permukaan anus.

    2. Fistula anal, disebabkan oleh abses perianal yang semakin membesar sehingga nanah mencari jalan keluar dan menyebabkan lubang. Nanah dapat keluar sendiri sebagai cairan putih kekuningan, dan juga dapat keluar bersama feses saat buang air besar (BAB).

    3. Fisura anal, yaitu robeknya permukaan anus sehingga menjadi pintu masuk kuman yang dapat menginfeksi kelenjar perianal. Fisura sebagian besar disebabkan oleh sembelit, di mana feses menjadi keras dan melukai permukaan anus. Keluhan berupa nyeri setiap BAB disertai darah yang membentuk pola garis pada feses.

    4. Hemoroid, atau disebut juga wasir atau ambeien, yaitu pembengkakan hemoroid anus yang mengandung pembuluh darah. Hemoroid umumnya muncul sebagai benjolan yang tidak nyeri yang bisa keluar masuk, BAB berdarah, dan merembesnya lendir ke sekitar anus sehingga menyebabkan gatal dan perih.

    Kami menyarankan anda memeriksakan diri ke dokter spesialis bedah karena dokter perlu memeriksa langsung anus anda dan menentukan penyebab sakitnya. Setiap kemungkinan penyebab yang sudah dijelaskan berbeda cara pengobatannya.

    Pengobatan sementara yang dapat anda lakukan di rumah antara lain :

    1. Mengonsumsi obat pereda nyeri yang dijual bebas.

    2. Melarutkan cairan antiseptik yang dijual bebas ke dalam baskom berisi air, kemudian anda mendudukinya dan merendam bagian anus.

     

    Artikel berikut dapat anda baca untuk menambah wawasan anda.

    Sekian penjelasan kami, semoga membantu anda, terima kasih.