Tanya Dokter

  • Cara memperbaiki jam tidur pada pekerja shift

  •  Bapak Tampan
    Anggota

    Hallo

    Saya memiliki masalah waktu dengan tidur yang tidak baik, jadi saya itu kalau masuk malam hari tidak mengantuk, sedangkan ketika masuk siang hari mengantuk.

    Nah cara memperbaiki waktu tidur menjadi normal seperti apa yah? karena saya punya dilema jika saya tahan tidur saya sampai tengah malam, maka itu akan membahayakan kondisi kesehatan saya seperti jantung,diabetes dll karena menahan tidur, tapi kalo tidur yah kapan dapat diperbaiki nya waktu jam tidur saya agar normal kembali?

    Salam,

    Bekerja dalam shift merupakan suatu penyulit tersendiri berkaitan dengan waktu tidur dan kecukupan tidur Anda. Hal ini juga akan membutuhkan penyesuaian waktu bekerja dan tidur terutama bila Anda bekerja dengan 3 shift dalam masa tertentu, sehingga penyesuaian waktu tidur Anda akan semakin diperlukan untuk tetap dapat menjaga stamina Anda, mecegah resiko penyakit,serta Anda dapat tetap produktif dalam bekerja dan mencegah resiko kecelakaan kerja.

    Untuk mendapatkan kondisi tubuh yang bugar dan sehat, secara umum, setiap individu membutuhkan minimal 6-8jam untuk tidur dan beristirahat dari aktivitas  sehari-hari. Dengan waktu itu, proses pemulihan fisik Anda akan semain baik, regenerasi sel Anda akan  berjalan baik, serta Anda dapat bekerja dengan baik.

    Dengan demikian, Anda memerlukan jadwal kerja Anda dalam periode tertentu untuk dapat mengatur jadwal istirahat/tidur Anda. Dengan jadwal kerja yang sudah ada, Anda juga harus berkomitemen untuk membuat dan menjalankan jadwal istirahat dan tidur Anda yang juga harus Anda jadwal dengan baik.

    Sebagai contoh bila Anda bekerja malam hari  sekitar 8-9 jam waktu normal bekerja,maka Anda juga harus mempunyai jadwal yang Anda akan lakukan untuk istirahat Anda setelah bekerja, sehingga Anda tidak mengisi waktu lepas kerja Anda dengan aktivitas lain yang menyisihkan istirahat dan tidur Anda, seperti berkumpul dengan teman sampai waktu kerja selanjutnya.  Dengan bekerja pada malam hari, setidaknya Anda dapat membagi waktu istirahat Anda dan aktivitas Anda diluar jam kerja, yaitu beristirahat setelah pulang kerja 3-4 jam, beraktivitas, kemudian beristirahat 3-4 jam lagi sebelum bekerja kembali, demikian juga saat Anda bekerja pada shift siang.

    Poin dari pengaturan waktu ini adalah komitman Anda untuk beristirahat secara teratur setelah bekerja dan sebelum bekerja kembali. Dan pengaturan waktu ini mungkin memerlukan usaha dan pembiasaan dalam beberap periode waktu ke depan, sehingga tubuh Anda dapat membiasakannya dalam aktivitas sehari-hari.

    Namun, untuk lebih detailnya, Anda dapat berdiskusi denga dokter perusahaan Anda atau dokter keluarga Anda untuk membantu Anda memcahkan permasalahan yang Anda hadapi. Dokter perusahaan Anda lebih memahami kondisi pekerjaan, waktu kerja, dan implikasinya terhadap aktivitas Anda. Sehingga diharapkan dapat membantu Anda mengatur jadwal tidur dan istirahat yang sesuai.

    Perlu  juga  Anda perhatikan beberapa hal yang dapat membantu stamina Anda, yaitu hindari rokok, hindari bekerja melebihi waktu normal secara berlebihan, lakukan olah raga rutin sesuai kondisi fisik Anda, dan cukupi air putih serta makanan sehat.

    Demikian info yang bisa kami sampaikan, baca juga diskusi.

    dr. Ulfi