Tanya Dokter

  • Cara mengatasi batuk pilek berdahak pada bayi umur dibawah 2bln

  •  Rika Rahmani
    Anggota
    Dok anak saya baru umur 40hr dia batuk pilek terus setiap batuk kaya batukberdahak gitu tadinya sih ga ada suara berdahknya terus batuknya jarang tapi sekarang” jadi lebih sering batuknya, ada obatnya ga dok kira”? Mohon solusinya dok

    Rika yang baik,

    batuk dan pilek bisa dialami oleh siapa saja dalam segala lapisan usia, namun pada anak-anak terutama bayi, batuk menjadi lebih rentan terjadi ketika sistem imun masih belum terbentuk sempurna. Selain itu batuk dan pilek juga bisa jadi disebabkan oleh suatu proses alergi yang bisa ditimbulkan oleh bermacam hal seperti :

    • suhu udara terlalu dingin
    • alergi udara sekitar seperti debu, maupun dust mytes (sisa jasad kutu) pada tempat tidur
    • infeksi saluran napas
    • alergi makanan/minuman tertentu

    Mengatasi batuk pada bayi apalagi yang baru berusia 40 hari tentunya berbeda dari mengatasi batuk pada orang dewasa. Penggunaan obat-obatan tentunya harus dibatasi untuk meminimalisasi risiko efek samping obat. Penanganan sederhana yang bisa Anda lakukan di rumah ialah memandikannya dengan air hangat dan uap yang hangat dapat membantu melembabkan saluran hidungnya. Posisikan kepala anak lebih tinggi dari tubuhnya agar aliran udara dapat melega. Bila kondisi tak kunjung membaik maka jangan ragu memeriksakannya segera ke dokter anak. Berikut kami lampirkan artikel mengenai batuk pada bayi. Semoga bermanfaat.

     

    dr. N. K. Arief