Tanya Dokter

  • Cara mengatasi gatal-gatal pada seluruh tubuh

  •  rahman putra
    Anggota
    Nama sya rahman putra umur 18, Saya ingin bertanya dok,dalam 1 tahun ini saya mengalami gatal gatal pada seluruh tubuh pada saat cuaca dingin bagaimana cara mengatasinya dok,terima kasih

    Halo Rahman, terimakasih telah bertanya di alodokter.

    Gatal-gatal pada seluruh tubuh dapat dikarenakan alergi dingin. Alergi dingin diistilahkan dalam medis yakni urtikaria dingin. Alergi dingin merupakan kondisi dimana imunitas tubuh bereaksi berlebihan terhadap paparan dingin.

    Bentuk-bentuk paparan dingin dapat berupa udara dingin, minuman dingin, ataupun berenang di air yang dingin. Setiap orang yang memiliki alergi dingin memiliki respon yang berbeda-beda. Ada yang mengalami bilur-bilur kemerahan, ada juga yang mengalami sesak napas, tenggorokan terasa penuh, jantung berdebar hingga pingsan yang dapat membahayakan nyawa. Hal-hal ini disebabkan pelepasan zat histamine serta zat kimia lainnya dari dalam tubuh.

    Alergi dingin umumnya terjadi pada usia muda. Hal lainnya yang dapat mempengaruhi yakni faktor genetika, sensitivitas kulit yang berlebihan, dan orang mengalami infeksi virus ataupun kanker. Untuk mengetahui seseorang alergi terhadap dingin dapat dilakukan pemeriksaan dengan memegang es batu selama 5 menit. Jika seseorang tersebut mengalami tangan yang membengkak dan muncul bilur-bilur kemerahan dapat dikatakan seseorang mengalami alergi dingin.

    Selain alergi dingin, ada pula kondisi lain yang dapat menyebabkan gatal-gatal seperti dermatitis atopi yang dapat dikarenakan makanan, atau dermatitis kontak alergi yang disebabkan paparan benda tertentu yang menyebabkan alergi.

    Untuk mengetahui gambaran kesehatan Anda secara menyeluruh, maka Anda sangat disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter spesialis kulit. Dokter akan melakukan pemeriksaan berupa pertanyaan-pertanyaan, pemeriksaan fisik, serta pemeriksaan penunjang apabila dibutuhkan.

     

    Hal-hal yang sementara ini dapat Anda lakukan yakni menghindari paparan udara dingin, memakai pakaian yang melindungi dari udara dingin, tidak memakan atau meminum minuman yang dingin, serta memberitahukan petugas medis di ruang operasi bahwa Anda kemungkinan memiliki alergi dingin apabila hendak menjalani operasi. Anda juga dapat membaca artikel “Alergi dingin” yang sekiranya juga dapat membantu Anda. Semoga bermanfaat. Terimakasih.