Tanya Dokter

  • Cara mengatasi gigitan nyamuk yang bentol dan berair pada bayi

  • Dokk. Gimana cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk pada bayi saya dok? Kenapa setiap bayiku digigit nyamuk malah bentol dan berair, aku benar bingung untuk mengatasinya. Tolong bantu dokk.

    Halo,   Bekas gigitan nyamuk yang bentol (membesar dan memerah) dan berair bisa disebabkan karena adanya kecenderungan kulit anak akan adanya eksim / dermatitis alergi atau bisa juga disebabkan karena sensitifitas kulit bayi terhadap gigitan dan liur nyamuk yang berlebih. Jika bekas gigitan nyamuk tersebut kemudian meninggalkan bekas kehitaman yang sulit hilang maka kemungkinan besar bayi Anda memiliki kecenderungan alergi/ eksim. <span style="line-height: 1.5;">Pada dasarnya mencegah gigitan nyamuk akan lebih baik daripada mengobati.</span> Untuk menghilangkannya Anda bisa melakukan beberapa tips seperti :

    1. Mencegah gigitan nyamuk dengan memberikan obat oles anti nyamuk yang aman untuk bayi seperti citronela oil dll.
    2. Menggunakan patch pengusir nyamuk yang tersedia di pasaran.
    3. Tidur dengan menggunakan kelambu.
    4. Mengoleskan pelembab pada bayi sehabis mandi untuk menhjaga kelembaban kulit bayi agar tidak menyebabkan kondisi eksim memburuk.
    5. Mengoleskan krim khusus pereda gatal dan radang untuk bayi pada gigitan nyamuk untuk meredakan bentol dan kemerahan seperti dexpantenol, dll.
    6. Mencegah bayi menggaruk bekas gigitan nyamuk yang bisa memperburuk kondisi bekas gigitan.
    Baca topik Bekas pada kulit.   Semoga bermanfaat.   dr. Yusi