Tanya Dokter

  • CARA MENGATASI KETERGANTUNGAN OBAT

  •  ardian
    Anggota

    Permisi Dok, saya mau tanya, bagaimana caranya menghilangkan ketergantungan dari obat Dexamethasone dok?

    Awalnya saya mengonsumsi dexa karena saya mengalami gatal-gatal,setelah beberapa minggu memang sembuh,tetapi begitu berhenti minum obat,langsung kambuh lagi,jadi akhirnya saya keterusan minum dexa tersebut sampai 3 tahun lamanya,sehari 1 tablet..

    hampir semua efek samping dari dexa yang saya tahu dari internet,sudah saya alami dok..

    yang mau saya tanyakan,lebih baik mengurangi dosis dulu (yang dari 1 tablet menjadi 1/2 tablet,tetapi masih setiap hari minumnya),atau mengurangi frekuensi minumnya dulu (yang tadinya setiap hari,jadi 2 hari sekali,tetapi tetap 1 tablet) & obat untuk gatal-gatal yang tidak bikin ketargantungan itu apa ya dok? Terimakasih.

    Halo, Dexametason adalah sebuah obat jenis kortikosteroid yang memiliki banyak kegunaan. Bila dipakai dalam dosis besar atau dalam jangka waktu lama, dexametason dapat menimbulkan banyak efek samping terutama penurunan daya tahan tubuh dan sindroma Cushing's. Pada penggunaan jangka panjang, pemakaian kortikosteroid tidak boleh dihentikan secara tiba-tiba, karena akan menimbulkan gejala putus obat. Gejala tersebut termasuk anoreksia, rasa mual, muntah, lemas, tekanan darah turun, serta penurunan berat badan. Sebaiknya pemakaian kortikosteroid dihentikan dengan menurunkan dosisnya perlahan setiap hari. Untuk mengatasi gatal-gatal, sebaiknya kita mengetahui dulu penyebabnya. Gatal dapat disebabkan oleh alergi, iritasi, kulit kering, gigitan serangga, psikologis, bahkan bisa merupakan pertanda penyakit lain seperti kelainan ginjal atau diabetes. Gatal-gatal yang kronis seperti yang Anda alami sebaiknya diperiksakan ke dokter kulit untuk mengetahui penyebabnya. Pengobatannya kemudian akan disesuaikan dengan kondisi yang mendasarinya. Semoga membantu, terimakasih