Tanya Dokter

  • Cara menghilangkan rasa gugup yang berlebihan

  •  ryurita
    Anggota

    Dok,gimana ya cara menghilangkan rasa gugup yang berlebihan? Soalnya rasa gugupku ini dia datang di saat aku akan menghadapi ujian misalnya,nah besok tgl 8mei aku bakal tes sbmptn aku deg deg an bgt dokter,gimana cara biar aku nggk gampang deg deg an gitu? Biar konsentrasiku nggk hilang,jawab ya dok dan terimakasih..

    Salam,

    Dari info yang Anda sampaikan, rasa gugup yang muncul karena suatu kondisi tertentu, seperti menghadapi ujian merupakan suatu bentuk yang wajar terjadi pada seorang individu dengan tuntutan yang ingin dicapainya. Sehingga rasa gugup yang disebabkan oleh kecemasan atau stres dapat di kontrol dengan menghadapi tuntutan yang ingin di capai dan menghadapi permasalahan ini dengan keyakinan.

    Sebagai contoh rasa gugup yang muncul saat menghadapi ujian. Adanya hasrat untuk dapat lulus dari ujian nasional yang akan diselenggarakan akan menyebabkan munculnya tekanan dan stresor dari diri Anda sendiri dan juga dari keluarga Anda. Hal ini akan menyebabkan kekhawatiran bila Anda tidak dapat mencapai target ini, atau bila Anda tidak lulus dari ujian yang dilakukan. Oleh karena itu, untuk menghindari rasa gugup dan cemas ini,Anda harus mempersiapkan diri Anda dengan baik,yaitu dengan belajar, membaca, dan memahami semua materi ujian yang akan dihadapi. Dengan kesiapan ujian ini, Anda akan merasa yakin dan percaya diri untuk menghadapinya. Bila Anda tidak siap dengan ilmu dan materinya, maka Anda akan cemas dan gugup. Oleh karena itu, yang bisa Anda lakukan adalah belajar dengan usaha yang optimal. Dan apapun hasilnya nanti, Anda sudah siap menerimanya, karena Anda sudah berusaha dengan sungguh-sungguh.

    Selin itu,mempersiapkan mental terhadap kemungkinan tidak lulus juga akan membantu mengurangi kegugupan. Kesiapan mental ini dilakukan dengan menerima apapun hasilnya atau ikhlas dengan apapun hasilnya. DAn kesiapan mental ini,juga sudah Anda rencanakan, dengan cara mempertimbangkan kemungkinan langkah dan tujuan Anda selanjutnya bila tidak lulus ujian. Mau kemana Anda selanjutnya bila tidak lulus, apa yang akan Anda lakukan bila tidak lulus, dan lain sebagainya.  Selanjutnya sedikit demi sedikit,konsentrasi Anda akan terbentuk dengan baik.

    Sehingga bila dengan semua usaha ini, Anda lulus nantinya,maka kelulusan ini merupakan poin bonus dan bentuk usaha besar Anda dalam mencapai tujuan Anda. Lakukan olah raga rutin, dan hindari tidur larut malam sehingga ketahanan psikologis Anda semakin kuat.

    Diskusikan dengan guru dan orang tua Anda terhadap apa yang Anda pikirkan dan rasakan, sehingga Anda medapatkan dukungan positif dari orang disekitar Anda.

    Demikian info yang bisa kami sampaikan, baca juga kecemasan.

    dr.Ulfi