Tanya Dokter

  • pemberian susu kemasan untuk anak usia 1 tahun

  • Dok.

    Anak saya sekarang berumur sekitar 21 bulan. Sekitar umur 15 bulan anak saya berhenti/ ga mau makan sampai sekarang. Dari umur 1 tahun sudah beralih dari ASI ke susu UHT disebabkan ASI tidak produksi lagi/kurang, sebelum memilih UHT dicoba dulu dengan susu formula lain namun anak saya tidak mau hanya UHT anak saya mau minum susu. Semenjak anak saya ga mau makan, hanya susu UHT yang dikonsumsinya, durasi minum minimal 2 jam sekali. Susu UHT yang diminum merk Chil-Go Morinaga Botol, isi perbotol 140 ml. Namun akhir2 ini sekitar 2 bulanan anak saya sudah mulai susah diminumkan susu. Apakah langkah yang saya ambil sesuai dengan anjuran kesehatan anak batita? Bila Tidak Apa saran dan petunjuk dari dokter ? Riwayat Keluhan Anak Saya: 1. Sering muntah dari lahir, apalgi kalau salah makan/tersedak, 2. Sering kembung dan masuk angin, 3. Susah sendawa. terkadang bila berhasil sendawa terjadi muntah. 4. Susah mencari sufor yang cocok.

    Hai Gunawan.. Terimakasih untuk pertanyaan yang diberikan.

    Susu UHT (Ultra High Temperature) merupakan susu yang dalam prosesnya dipanaskan dengan suhu tinggi untuk tujuan membunuh spora dalamnya. Susu ini dapat dikonsumsi 6-8 bulan setelah diproduksi asalkan kemasan tidak rusak. Dikatakan bahwa susu UHT dapat dikonsumsi oleh anak usia diatas 1 tahun. Kandungan gizi dalam susu tersebut walaupun sedikit mengalami penurunan akibat pemanasan, tetapi persentasenya kecil dan produsen dapat menambahkan vitamin lainnya maka kandungan gizi susu UHT tetaplah baik. 

    Walaupun susu UHT aman dikonsumsi anak balita tetapi anda tetap lebih baik berkonsultasi dengan dokter anak. Karena konsumsi susu anak juga memperhatikan kondisi pencernaan anak, adakah alergi, dan adakah intoleransi laktosa. Selain itu anda harus tetap memberikan MPASI dan ASI yang seimbang untuk menambah gizi anak. 

    Baca juga: memilih sufor untuk bayi

    Semoga bermanfaat

    dr. Iriyanti