Tanya Dokter

  • Solusi menghilangkan bekas luka bakar seperti tatto

  • Dok pacar saya itu bentuk nya kaya tato kata pacar saya itu bukan tato biasa tp yang pacar sayah punya itu ga pake tinta Kata pacar saya bilang nya dia di bikin SM teman nya pake besi panas dan berbentuk kaya tato,saya sama pacar sayah udh berusaha buat ngilangin tanda di tangan pacar saya bagaimana solusinya ya dok

    Halo, Pianka Magna Kartika Sanusi,

                Bercak pada kulit bisa berupa variasi normal dari tubuh manusia (misalnya tanda lahir), penyakit, maupun buatan manusia misalnya tattoo. Penyakit yang mungkin misalnya luka bakar yang membekas, infeksi (misalnya kusta, tinea/jamur, panu/ptyriasis versicolor), atau gangguan pigmentasi (pewarnaan kulit, bisa hiperpigmentasi/warna kulit menjadi lebih gelap dari sekitarnya, atau hipopigmentasi/warna kulit menjadi lebih terang dari sekitarnya). Tattoo adalah seni berupa memasukkan pigmen ke dalam kulit dan membentuknya menjadi bentuk/tulisan/lukisan yang diinginkan. Untuk memastikan bercak/warna kulit yang berbeda dari sekitarnya (apakah itu normal/penyakit/buatan), bisa diperiksakan ke dokter. Dokter akan melihat secara seksama, melakukan pemeriksaan fisik, dan jika perlu akan dilakukan pemeriksaan penunjang yang dapat mendukung diagnosis. Untuk menghilangkannya, harus diketahui dahulu penyebabnya, karena pengobatannya sangat tergantung dari penyebabnya dan tingkat keparahannya. Ada yang hanya memerlukan krim, namun ada juga yang memerlukan terapi khusus hingga operasi.

                Sehingga saran saya periksakan ke dokter kulit untuk memastikan dahulu penyebabnya sehingga dapat diketahui solusinya. Periksakan ke dokter segera terutama jika tanda di kulit tersebut makin lama makin meluas, menimbulkan gatal/nyeri, menimbulkan matirasa, kesemutan, atau sulit bergerak. Jika memang ada riwayat luka bakar, gunakan sunblock/tabir surya yg cocok dengan jenis kulit dan lindungi kulit dari paparan sinar matahari secara langsung untuk menjaga kesehatan kulit. Jaga kelembaban kulit dengan lotion yang cocok dengan kulit. Jika itu adalah tattoo, ada beberapa cara untuk menghilangkannya, yaitu dengan terapi laser, operasi, atau dermabrasi. Selengkapnya dapat baca di artikel "cara menghilangkan tato permanen". Setiap prosedur memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing yang dapat dicocokkan dengan kondisi pasien. Konsultasikan pada dokter kulit Anda mengenai hal ini.

               

    Sekian, semoga bermanfaat yaa.

    Salam, dr. Sarah Rizqia.