Tanya Dokter

  • sering berbicara sendiri, mengkhayal, dan berlaku yang tidak wajar karena obat terlarang

  •  Ari Patul
    Anggota

    Hallo Dok saya mau tanya adek saya dari mau magrib sampe skrg jam 4 pagi tingkahnya aneh dan sukabngmng sendiri, saya tau dari temennya katanya abis makan pil apa gitu Keadaannya kaya orang gila ngmng sendiri linglung gitu Mohon bantuannya apa yg harus kami lakukan untuk adek saya dok

    Selamat malam, terima kasih telah bertanya di Alodokter. Gejala seseorang dengan berbicara sendiri, mengkhayal, berlaku yang tidak wajar bisa disebabkan berbagai hal, seperti:

    • Efek samping alkohol
    • Efek samping obat-obatan
    • Kerusakan pada otak
    • Komplikasi penyakit menahun tertentu
    • Gangguan mental

     

    Pada kondisi adik Anda, bila memang sudah dipastikan memang ada riwayat mengonsumsi pil atau obat yang tidak diketahui jelas asalnya, diantara yang bisa Anda lakukan adalah membawanya ke IGD atau pada psikiater terdekat untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dan dicarikan penawarnya. Bila tidak tersedia, coba cari rumah sakit lain. Bila tidak dapat juga, karena kondisi ini dipicu obat, yang bisa Anda lakukan setidaknya adalah menunggu efek obatnya memudar. Lamanya beragam tergantung berapa banyak yang dikonsumsi dan apa obatnya. Selain itu, sebaiknya awasi terus adik Anda agar ia tidak mencelakakan dirinya sendiri maupun orang lain, serta bila memberontak, di IGD Anda bisa minta pada petugas disana untuk diikat diatas tempat tidur hingga keadaannya membaik. Sekian, semoga menjawab pertanyaan Anda.

    dr. Amadeo D. Basfiansa