Tanya Dokter

  • Penyebab gangguan kecemasan berlebihan

  •  alinvia19
    Anggota
    Dok saya suka cemas ketika hujan, takut jika kaki saya akan basa. Anehnya saya hanya cemas bila kaki saya yang basah dan tidak masalah apabila itu anggota tubuh yang lain, lalu bisa merasa kesal dan cemas ketika kaki sudah basah kenapa ya?

    Halo, selamat pagi.

    Kecemasan merupakan hal yang wajar dialami oleh setiap orang, dan tidak semua kecemasan merupakan hal yang buruk yang menandakan gangguan psikologis. Kecemasan yang berlebihan akan sesuatu yang membuat terganggunya kehidupan sehari-hari disebut sebagai gangguan cemas. Gangguan cemas merupakan gangguan mental dimana penderitanya akan merasa ketakutan dan kecemasan yang luar biasa dan konstan sehingga mengakibatkan ketidakmampuan dalam menjalankan aktivitas.

    Gangguan cemas terdiri atas:

    Gangguan cemas memiliki gejala berupa: rasa cemas bahkan untuk sesuatu yang sepele, resah dan tidak bisa tenang, ketakutan, tegang, uring-uringan, sulit konsentrasi. Gangguang cemas juga dapat memberikan gejala-gejala fisi, seperti: sakit kepala, mual, diare, gemetaran, detak jantung cepat, otot-otot tegang, kesulitan untuk tidur (insomnia), dan lain sebagainya.

    Jika Anda merasakan ketakutan yang kuat terhadap kaki yang basah sehingga anda mengalami gangguan dalam beraktivitas, maka hal ini kemungkinan adalah sebuah fobia. Perlu dipertanyakan kembali apakah perasaan anda tersebut memang benar suatu kecemasan yang berlebihan atau hanya berupa ketidaksukaan atau kekhawatiran akan terjadi sesuatu yang mengganggu Anda, misalnya anda khawatir jika sepatu atau sandal anda menjadi basah atau celana anda menjadi basah, dll. Orang yang mengalami fobia biasanya juga merasakan gejala-gejala seperti: disorientasi atau bingung, pusing, sakit kepala, mual, sesak napas, detak jantung meningkat, telinga berdenging, mulut kering, tubuh gemetar dan berkeringat, dll. 

    Jika anda mengalami gejala-gejala yang telah disebutkan di atas, yang mengganggu kehidupan sehari-hari Anda, disarankan agar anda memeriksakan diri ke dokter spesialis kejiwaan untuk pemeriksaan yang lebih lengkap dan terarah. Dokter akan melakukan tanya-jawab seputar keluhan, dan pemeriksaan fisik secara umum. Jika memang suatu gangguan cemas, maka penanganannya dapat berupa psikoterapi (konseling), terapi perilaku kognitif, dan mungkin obat-obatan anti anxietas jika diperlukan.  Namun, seperti yang juga telah disebutkan di atas, jika perasaan yang anda rasakan hanya berupa ketidaksukaan dan kekhawatiran saja terhadap hujan dan kaki yang menjadi basah  dan tidak mengganggu aktivitas sehari-hari anda, maka hal tersebut normal untuk terjadi dan bukan merupakan indikasi terjadinya gangguan psikologis. 

     

    Sekian, semoga dapat dipahami.

    Salam, dr. Denisa