Tanya Dokter

  • menggunakan cuka apel untuk wajah yang berminyak dan berjerawat

  •  Eriska Arnela
    Anggota

    Selamat malam dok, saya eriska, ingin bertanya. Apakah benar yah dok, cuka apel itu baik untuk kulit yang berminyak, berjerawat, dan pori pori besar dan dapat menghilangkan semua masalah itu? Tolong penjelasannya dok. Terimakasih

    Halo Eriska,

    Cuka apel kini sedang trend baik di kalangan penggemar diet maupun perawatan wajah. Selain berbahan alami, cuka apel sering digunakan dalam rangkaian perawatan wajah dikarenakan cuka apel memiliki kandungan asam asetat yang dipercaya mampu mengangkat sel-sel kulit mati hingga meringankan jerawat.

    Namun hingga saat ini manfaat cuka apel sebagai produk perawatan wajah belum  melalui rangkaian penelitian-penelitian yang valid. Sementara telah beredar di pasaran produk perawatan wajah yang memang ditujukan untuk mengatasi kulit berminyak, jerawat hingga masalah pori-pori wajah.

    Mengingat cuka apel bersifat sangat asam dan berisiko menimbulkan reaksi alergi atau iritasi, maka jika anda ingin mencoba lakukan uji terlebih dahulu ya. Encerkan cuka apel pada takaran yang sesuai, lalu ambil tissue atau kapas wajah, dan tempelkan larutan cuka apel di belakang telinga anda. Apabila muncul kemerahan, gatal atau terasa panas, berarti kulit anda tidak cocok menggunakan produk tersebut.

    demikian, semoga informasi mengenai cuka apel bermanfaat ya.

    dr. Laras