Tanya Dokter

  • Tak kunjung mendapat haid walaupun sudah konsumsi obat hormon

  •  Ririn juliani
    Anggota

    Dok saya mau bertanya ,jadi awalnya saya sering ketelambatan mens kurang lbh 1-2minggu,terakhir kali saya mens itu febuari tgl 20-2018 akan tetapi maret dan april bulan skrg pun sata blm mens,sempat saya tespack negatip dan akhirnya tgl 10bulan april kmarin saya ke dokter specialis kandungan di rs.hermina bandung saya di usg dan tdk ada apa apa,tp menurut dr tersebut itu perngaruh karna hormon ,saya di beri obat cyclo progynova (untuk malam) dan inclanci (untuk pagi) dan kata dr tersebut klo pada saatnya nanti menns pemakaian obt cyclo progynova di berhentikan ,semntara sya blm menstruasi smpe saat ini malah saya skrg tiap pagi ga mood makan seperti morning sickness ,sering pusing kepala dan lelah ingin tidur slalu dan sering ngiler ingin makan makanan pedas smentara saya tdk menyukai nasi ,saya jd dilema antara bakal mens atau hamil ?tolong minta solusinya dok obag cyclo progynova ini harus di hentikan atau seperti apa

    Halo Ririn, terimakasih atas pertanyaan anda

    Pada penderita gangguan menstruasi berupa oligomeorhea, yaitu jarak antara siklus menstruasi yang terlalu panjang dapat disebabkan oleh ketidak seimbangan hormonal. Sehingga pada kasus anda, dokter meresepkan cycloprogynova yang berisi hormon sintesis dengan tujuan membantu mengatasi keluhan menstruasi anda.

    Tanda awal kehamilan maupun menjelang menstruasi kadang sulit dibedakan hanya dari keluhan subyektif. Sehingga perlu dilakukan pemeriksaan lain untuk memastikan. Tidak ada salahnya untuk melakukan pemeriksaan test pack lagi. Sebaiknya gunakan urin di pagi hari (setelah bangun tidur) agar hasil lebih akurat ya.

    Apabila hasilnya positif, sebaiknya berhentikan obat-obat yang sedang anda konsumsi dan konsultasi kembali dengan dokter kandungan anda. Namun jika hasilnya negatif, teruskan obat yang diberikan dokter, konsumsi makanan bergizi seimbang sedikit-sedikit namun sering ya untuk mengatasi keluhan nafsu makan anda. Lakukan juga olah raga ringan untuk menjaga kebugaran tubuh dan perbanyak konsumsi air putih 2-3 liter perhari.

    demikian informasi dari kami semoga bermanfaat,

    dr. Laras