Tanya Dokter

  • mengkonsumsi obat hormon karena menstruasi yang tidak teratur

  • Malam dok. Saya wanita, 27 tahun. Sudah menikah. Diberi dokter cycloprogynova utk 3 kali siklus. Dikarenakan mens tidak teratur selama 2 tahun. Seluruh pemeriksaan medis sudah saya lakukan, hasilnya semua baik tanpa masalah. Pertanyaan saya, berapa persen kemungkinan haid saya normal kembali setelah berhenti minum cycloprogynova? Saya minta persentase rata2 dr pengalaman kasus seperti saya. Trims dok.. :) Note : jika ternyata di bulan ke 4 saya tidak mens lagi (tidak teratur) apakah saya harus mengkonsumsi cycloprogynova seumur hidup ?

    Hai Dymphna,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Apabila Anda telah menjalani serangkaian pemeriksaan, seperti tes laboratorium dan USG, untuk mendeteksi penyebab gangguan siklus menstruasi Anda, dan tidak ditemukan kelainan yang berarti, maka besar kemungkinan Anda mengalami ketidakseimbangan hormon reproduksi. Kondisi ini bisa dicetuskan terutama oleh pola hidup yang tidak sehat, misalnya kebiasaan makan yang tidak tepat, stres, malas berolahraga, merokok, mengkonsumsi alkohol, dan sebagainya. Postur tubuh yang terlalu gemuk atau justru terlalu kurus, dan konsumsi obat bisa juga turut mempengaruhi hal ini.

    Untuk mengatasi ketidakseimbangan hormonal penyebab menstruasi tidak beraturan, kunci utamanya sesungguhnya terletak di modifikasi gaya hidup. Adapun konsumsi obat hormonal, termasuk cyclo progynova yang mengandung hormon norgestrel dan estradiol valerate dimaksudkan untuk membantu menjaga agar produksi hormon reproduksi lebih terkendali. Namun, kedua penanganan ini (baik terapi hormon maupun modifikasi gaya hidup) harus berjalan dengan seimbang, tidak bisa terpisah-pisah. 

    Tidak ada patokan berapa lama persisnya menstruasi akan kembali normal pasca konsumsi cyclo progynova. Hal ini dikarenakan, sangat banyak faktor yang bisa mempengaruhinya, mulai dari gaya hidup atau juga riwayat penyakit lain yang diderita. Bila Anda tidak memiliki riwayat penyakit apapun dan Anda membarengi konsumsi obat tersebut dengan menjalani pola hidup yang sehat dengan optimal, maka kemungkinan pulih akan jauh lebih cepat.

    Sebaiknya, konsumsi obat dengan teratur sesuai petunjuk dokter. Dan, jalani juga pola hidup yang sehat, yakni dengan tidur secara teratur 6 hingga 8 jam sehari, jaga berat badan ideal melalui pengaturan pola makan dan olahraga teratur, kelola stres dengan bijaksana, dan hindari rokok serta alkohol.

    Bila dengan upaya di atas siklus menstruasi Anda tetap tidak membaik dalam 3 bulan, Anda disarankan untuk memeriksakan diri kembali ke dokter spesialis kandungan guna observasi lebih lanjut, misalnya melalui pemeriksaan fungsi tiroid, dan sebagainya.

    Semoga membantu ya..

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah