Tanya Dokter

  • Dada terasa nyeri disertai kepala pusing dan mudah lelah

  •  Kentgiwinanto
    Anggota

    Selamat malam dok,

    Saya ingin bertanya, minggu lalu dada bagian kiri saya sakit, posisinya ada di bawah tulang rusuk gitu. dan setelah sakit, ada rasa susah bernafas / kayak sesak nafas kemudian kepala pusing. Untuk informasi lebih lengkap, badan bagian kiri bawah tulang rusuk saya selagi sakit, ada rasa detakan angin gitu (kayak masuk angin) dan saya sering lelah dan bisa tidur lebih dari 12 jam sehari. Itu karena apa ya dok?

    Terima kasih.

    Kent yang baik,

    nyeri dada banyak sekali dikait-kaitkan dengan serangan jantung. Meskipun tidak sepenuhnya salah karena memang salah satu tanda serangan jantung ialah nyeri dada terutama ketika aktivitas berat, namun penting juga untuk mempertimbangkan adanya kemungkinan lain dari nyeri dada yang timbul tersebut. Beberapa kemungkinan tersebut dapat meliputi :

    • serangan jantung
    • precordial catch syndrome yakni nyeri menusuk hingga seseorang harus menghentikan tarikan napasnya yang disinyalir disebabkan oleh kram otot dada
    • pleuritis atau adanya peradangan pada selaput bungkus paru
    • trauma atau cidera pada rusuk
    • nyeri dada karena sakit maag atau iritasi asam lambung

    Ada banyak kondisi yang bisa menimbulkan nyeri dada, baik saat istirahat maupun saat kelelahan. Bila Anda memang termasuk dalam faktor risiko nyeri dada yang membahayakan, misalnya berusia tua, atau memiliki riwayat serangan jantung, atau penyulit seperti diabetes, maka penting bagi Anda untuk memeriksakannya secara langsung ke dokter untuk menentukan penyebab yang sebenarnya. Berikut kami lampirkan artikel mengenai nyeri dada. Semoga bermanfaat.

     

    dr. N. K. Arief