Tanya Dokter

  • DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF JIKA MELAKUKAN OPRASI KANGKER PAYUDARA ?

  • Pak Dokter kk peremuan saya menggalami kanger payudra yang berada tepat di puting susuh nya yang berwarnah hitam itu...
    sekarang sudah besar dan sudah di bawa ke RS tpi saran dokter belum bisa di oprasi karna puting susu nya yg terkena kangker ketika di sentuh sudah terasa sakit dan juga karna kondisi yang tidak fit,
    Langkah Apakah yang saya harus laukan untuk kesembuhan kk saya ???
    DAMPAK POSITIF DAN DAMPAK NEGATIF NYA GIMNA DOK ???
    MOHON RESPON PAK DOK ???
    TERIMAH KASIH.

    Ralfy pesiwarissa  dr. Danny
    Dokter

    Hai.

    Kanker payudara merupakan suatu massa yang tumbuh pada payudara dan bersifat ganas. Kanker payudara dapat menyebabkan gejala seperti muncul benjolan pada payudara, benjolan tersebut biasanya berkembang sangat cepat, terjadi perubahan bentuk pada payudara, nyeri hebat, keluar cairan dari payudara, dan dapat terjadi penyebaran dari kanker.

    Jika kanker payudara kakak anda sudah cukup besar, maka hal tersebut dapat menyebabkan terjadinya perubahan kesehatan pada tubuh. kanker payudara memerlukan suatu tindakan operasi. Namun untuk melakukan operasi tidak dapat dilakukan sembarangan. Biasanya jika keadaan pasien tidak stabil maka operasi akan ditunda. Melakukan operasi dalam keadaan yang tidak stabil dapat mengakibatkan terjadinya komplikasi selama operasi. Selain itu melakukan operasi payudara memerlukan pemeriksaan menyeluruh terlebih dahulu.

    Sehingga jika keadaan kakak anda tidak stabil, maka diperlukan tindakan pengobatan terlebih dahulu untuk menstabilkan keadaan. 

    Operasi pada kasus kanker payudara merupakan salah satu langkah pengobatan yang dapat ditempuh. dengan melakukan operasi maka kanker dapat diangkat, dan juga dapat diperiksa secara langsung dimikroskop agar diketahui jenis kanker yang terjadi. Namun pada kanker payudara, dapat saja terjadi pertumbuhan kanker kembali di kemudian hari. Biasanya setelah operasi akan dilanjutkan dengan melakukan kemoterapi.

    Maka dari itu, jika anda memerlukan penjelasan yang lebih tepat mengenai keadaan kakak anda, maka anda dapat menanyakan langsung ke dokter spesialis onkologi  yang merawat kakak anda, sehingga dokter dapat menjelaskan lebih tepat sesuai dengan keadaan klinis kakak anda.

    berikut artikel yang dapat anda baca mengenai kanker payudara

    semoga bermanfaat. terimakasih

    dr. danny