Tanya Dokter

  • Mengatasi kematian sel otak pasca kecelakaan

  • Hallo dok! Saya melati 19 tahun ingin bertanya, teman dekat saya mengalami insiden yang mengakibatkan seperempat dari otaknya hampir mati. Pertanyaan saya apakah ada kemungkinan otaknya kembali seperti semula? Karena sepengetahuan saya otak beregenerasi setiap harinya. Terimakasih banyak!

    Halo

    Terima kasih atas pertanyaannya pada Alodokter

    Sel dalam tubuh memang dapat beregenerasi bila mengalami kematian. Misalnya sel darah yang secara rutin akan mati setelah 120 hari berputar di aliran darah tubuh dan digantikan dengan sel darah lain yang lebih muda. Namun, hal ini tidak berlaku bagi sel saraf otak.

    Sel saraf otak masih akan dapat berkembang hingga usia 20 tahun dan setelah itu tidak akan ada lagi aktivitas perkembangannya. Sehingga bila terjadi suatu kerusakan atau kematian pada sel saraf otak tidak akan dapat digantikan dengan sel saraf yang baru.

    Namun kita dapat mengoptimalkan kesehatan sel otak yang tersisa dengan:

    1. Mencukupi kebutuhan nutrisi otak dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan omega-3 dan yang mengandung antioksidan
    2. Olahraga teratur
    3. Hindari merokok atau asap rokok
    4. Perhatikan kolesterol, tekanan darah dan gula darah
    5. Istirahat yang cukup

    Bila saat ini otak dari teman Anda hampir mengalami kematian, maka sebaiknya lakukanlah konsultasi dan pemeriksaan pada dokter spesialis neurologi atau bedah saraf untuk mendapatkan penatalaksanaan yang lebih baik.

    Sekian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat

    dr. Winda Indriati