Tanya Dokter

  • keluar darah menggumpal setelah berhubungan intim

  •  Cacabila
    Anggota
    Dok,belakangan ini perut saya nyeri nah sekitar jam 3 sore saya dan pacar saya berhubungan lalu saya pulang kerumah pada waktu malam saya ke wc buang air kecil lalu keluar darah cair dan menggumpal. Apa penyebab darah cair dan menggumpal tersebut?

    Halo Cacabila, terima kasih telah mengunjungi Alodokter.

    Sebelumnya ada beberapa pertanyaan yang penting untuk diketahui, apakah saat ini Anda sedang dalam waktu menstruasi? ataukah Anda sedang telat menstruasi? Apakah keluhan tersebut disertai dengan nyeri perut? Apakah keluhan Anda disertai dengan gejala lain-lain seperti demam?

    Ada beberapa penyebab yang membuat seseorang mengeluarkan darah dari vagina, seperti:

    1. Menstruasi. Pada awal menstruasi normalnya darah bermarna merah dan kadang disertai dengan gumpalan-gumpalan. Sebelum terjadi menstruasi, seringkali diawali dengan gejala Pre Menstrual Syndrome (PMS)
    2. Abortus atau keguguran. Jika Anda mengalami keterlambatan menstruasi dan mengalami Tanda kehamilan , maka bisa jadi Anda mengalami Abortus. Abortus adalah keluarnya janin pada usia kehamilan dibawah 20 minggu. Tanda abortus adalah munculnya flek hingga perdarahan yang disertai gumpalan darah
    3. Adanya luka pada dinding vagina. Luka pada dinding vagina biasanya terasa perih dan nyeri pada area vagina. Keluar darah warna merah segar.
    4. Proses keganasan, seperti Kanker ovariumKanker seviks

    Untuk mengetahui penyebab pasti dan mendapatkan penanganan yang tepat, saya sarankan Anda untuk datang ke Dokter spesialis kebidanan dan kandungan agar dilakukan pemeriksaan secara langsung dan jika dibutuhkan dilakukan pemeriksaan penunjang seperti tes darah, Ultrasonography (USG), tes kehamilan, dll.

    Untuk membantu mengurangi dan mencegah dampak dari keluhan Anda, sebaiknya Anda melakukan beberapa hal berikut ini:

    1. Olahraga secara rutin
    2. Menjaga pola hidup bersih dan sehat
    3. Banyak mengonsumsi protein, sayur, dan buah
    4. Istirahat cukup
    5. Hindari melakukan hubungan seksuak beresiko, seperti bergonta ganti pasangan, dengan pekerja seks, dll.
    6. Selalu jaga kebersihan vital.

     

    Terima kasih, semoga bermanfaat.

    dr. Thoriqotil HM.