Tanya Dokter

  • Darah haid berwarna cokelat

  •  dilaa
    Anggota

    Dok , haid berwarna kecoklatan , kemudian keputihan berwarna hitam seperti darah menggumpal .. itu darah mens bukan ya dok ..kemudian cara mengobatinya bagaimana ?

    Halo,   Darah haid normalnya adalah berwarna kemerahan seperti darah pada umumnya, namun pada akhir menstruasi biasa darah haid akan berubah menjadi kecoklatan karena darah yang tersisa sedikit dan sudah terlanjur mengering akibat lama berada dalam rahim dan vagina. Jika selama menstruasi Anda mengeluarkan darah yang berwarna kecoklatan dan banyak maka sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter kandungan untuk mengetahui penyebabnya. Kondisi ini bisa disebabkan karena :

    1. sisa darah menstruasi yang mengering
    2. Kista coklat yang pecah
    3. Jaringan fibroid dalam rahim
    4. Gangguan pembekuan darah
    5. Obstruksi darah menstruasi = polip, mioma dll.
    6. Efek obat
    7. Pembesaran uterus
    8. dll.
    Sementara keputihan yang berwarna hitam menggumpal bila terjadi paska hai maka hal ini bisa merupakan adanya darah yang terkontak dengan keputihan Anda. Untuk memastikan permasalahan pada organ reproduksi Anda maka sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter kandungan dan melakukan tes medis seperti USG, tes darah dll untuk memperjelas kondisi Anda. Dengan mengetahui kondisi Anda maka pengobatan yang tepat bisa diberikan. Untuk memperlancar haid Anda , anda bisa berolahraga secara teratur, istirahat cukup, hindari dan kelola stress serta makan gizi seimbang. Baca topik Menstruasi dan Keputihan Semoga bermanfaat.   dr. Yusi