Tanya Dokter

  • Pendarahan diluar siklus menstruasi

  •  Sri Yanti
    Anggota

    Selamat mlm dok, sy mau tanya selama ini sy klu haid 4 hari dah bersih.. hari ke tujuh nya sy dah suami BH..dua Minggu kemudian ada flek coklat. Terus sy satu Minggu kemudian haid.. kok sampe skrg darah nya ngk berhenti dah sampe tiga Minggu.. pertanyaan sy.. apa kah BH terlalu keras penyebab nya atau ada hal lain.. warna darah nya SPT warna haid, bukan darah segar.. tlg pencerahan nya dokter Terimakasih.. wasalam

    Halo Ibu Sri Yanti yang baik, 

    Saya memahami kekhawatiran yang Ibu rasakan. Perlu Ibu ketahui, selain menstruasi terdapat berbagai kondisi lain yang menyebabkan perdarahan dari vagina. Salah satu bentuk perdarahan tersebut adalah perdarahan bercak atau flek yang berwarna kecoklatan. Normalnya flek coklat ini terjadi di pertengahan ataupun akhir siklus menstruasi. Kondisi normal ini tidak memerlukan penanganan medis karena akan terhenti dengan sendirinya dalam 2-3 hari.

    Namun, ada kalanya flek coklat terjadi berkepanjangan yang biasa dicetuskan oleh ketidakseimbangan hormonal, misalnya akibat perubahan berat badan secara mendadak, stres berlebihan, ataupun efek samping alat kontrasepsi hormonal, baik berupa pil, suntikan, implan/ susuk, ataupun IUD hormonal. Bila kondisi ini terjadi berkepanjangan (lebih dari 7 hari), tidak ada salahnya memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan untuk mengevaluasi keberadaan kondisi medis tertentu, misalnya :

    • infeksi menular seksual yang kerap menimbulkan peradangan di vagina (vaginitis) ataupun leher rahim (servisitis(
    • sindrom ovarium polikistik (PCOS)
    • polip di leher rahim
    • kanker leher rahim

    Selain pemeriksaan dalam panggul, dokter akan mengevaluasi kondisi organ reproduksi Anda menggunakan USG dan pemeriksaan lainnya bila diperlukan, termasuk tes darah. Setelah penyebabnya dipastikan, barulah dokter menentukan langkah pengobatan terbaik.

    Demikian, semoga bermanfaat ya

    dr. Lili