Tanya Dokter

  • dari hasil USG mamae ini bagaimana penjelasannya ya dok?

  •  mega.dp
    Anggota

    kutis dan subkutis tidak menebal,
    pada arah jam 11-12 berjarak 2cm dari papil, tampak lesi hipoekoik, batas ireguler, ukuran +/- 1,4 x 2 x 1,8 cm. tak tampak kalsifikasi. kelenjar limfe aksilla tidak membesar.
    kesan : massa indeterminate (BIRADS 4) di arah jam 11-12
    Anjuran : biopsi

    Selamat pagi, terima kasih telah bertanya di Alodokter. USG mammae adalah salah satu metode pengecekan USG yang dilakukan pada payudara, biasanya untuk mendeteksi ada tidaknya kelainan berupa benjolan atau massa, karakteristiknya, jumlahnya, dan jenisnya.

    Dari hasil yang Anda sebutkan, kalimat yang Anda tulis sebelum kesan menggambarkan karakteristik dari jaringan payudara Anda, bahwa jaringan kulitnya normal, pada arah jam 11-12, sekitar 2 cm dari puting terdapat benjolan dengan bentuk yang tidak beraturan dengan ukuran seperti yang tertulis diatas, dan tidak ada pembesaran kelenjar getah bening pada ketiak dan lain sebagainya.

    Semua karakteristik itu disimpulkan menjadi suatu kesan berupa massa indeterminate (BIRADS 4) yang terletak di arah jam 11-12. BIRADS atau BI-RADS merupakan singkatan dari Breast Imaging Reporting and Data System dan ini adalah pengkategorian yang dibuat oleh suatu institusi di Amerika. Ketika dinilai menggunakan BI-RADS, suatu massa atau benjolan bisa dikategorikan dengan angka 0-6, dimana semakin tinggi angkanya semakin besar kemungkinan bahwa itu merupakan keganasan atau kanker.

    Pada kasus Anda, BI-RADS 4 disebut massa indeterminate atau belum bisa ditentukan. Secara persentase bisa dikatakan ada 30% kemungkinan itu merupakan keganasan dan 70% kemungkinan itu berupa kelainan yang jinak. Sehingga untuk memastikan hal ini, dibawahnya ditulis anjuran berupa biopsi karena biopsi merupakan pemeriksaan yang lebih spesifik untuk mengetahui apakah suatu benjolan itu ganas atau jinak.

    Kami sarankan Anda diskusikan kembali mengenai hal ini dengan dokter yang meminta pemeriksaan tersebut. Karena bagaimanapun, dibutuhkan penggalian riwayat dan pemeriksaan fisik langsung yang dilengkapi oleh pemeriksaan penunjang untuk dapat menegakkan diagnosis, tidak bisa pemeriksaan penunjang itu sendiri. Sekian, semoga menjawab pertanyaan Anda.

    dr. Amadeo D. Basfiansa