Tanya Dokter

  • Demam hilang timbul disertai mual dan nafsu makan menurun

  •  Rahmawatidwi
    Anggota

    Malam dok, saya mau bertanya. Saya demam hilang timbul, perut terasa tdk enak, rasanya mual jk berdiri tll lama, nafsu makan menurun, & sakit kepala selama 3 hari. Pada hari ke 2, di malam hari, demam & sakit kepala sy rasakan lbh berat dr hari2 lainnya. Saya periksa, & dikatakan faringitis, diberi paracetamol, antibiotik cefadroxil, dan imunos. Hari 4 sudah tidak demam dan tidak sakit kepala lagi, tapi saya muntah hingga 2x, setelah says banyak gerak/jalan. Pada malamnya saya mimisan 1x, tidak banyak & hanya di salah satu hiding saja. Kira2 apakah saya perlu cek darah dok? Apakah kemungkinan sy terkena DBD atau typus? Terima kasih sebelumnya..

    Halo, terimakasih atas pertanyaannya untuk Alodokter

     

    Gejala-gejala yang anda alami tersebut adalah gejala-gejala tidak spesifik yang dapat terjadi karena berbagai macam penyakit. DBD ataupun demam tifoid sama-sama bisa menyebabkan gejala-gejala di atas, demikian juga infeksi lainnya, misalnya infeksi saluran cerna, hepatitis, infeksi otak dan selaput otak, infeksi virus umum lainnya misalnya rubella, mononukleosis, dll.

    Bila memang anda masih mengalami mual dan muntah hingga saat ini, atau demam kembali lagi bila anda tidak minum obat demam, terjadi mimisan tanpa pemicu (tidak sedang mengorek hidung atau membersit hidung), sebaiknya anda memeriksakan diri kembali ke dokter. Diperlukan pemeriksaan fisik lebih lengkap meliputi pemeriksaan tenggorok, pemeriksaan kelenjar getah bening, pemeriksaan kulit (melihat adanya ruam atau tidak), dan lain sebagainya. Pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan laboratorium (pemeriksaan darah) juga diperlukan untuk dapat menunjang diagnosis. 

    Untuk saat ini, anda dapat melanjutkan terapi yang diberikan oleh dokter anda sebelumnya. Anda harus menghabiskan antibiotik anda meskipun gejala yang anda alami sudah membaik. Banyaklah beristirahat dan pastikan anda minum dalam jumlah yang cukup. Makan makanan yang bergizi seimbang dalam jumlah cukup, bila terdapat kesulitan menelan, anda dapat mengkonsumsi makanan yang lunak terlebih dahulu untuk sementara waktu.


    Sekian informasi dari saya, semoga cukup menjawab

    dr. irna cecilia