Tanya Dokter

  • Demam setelah mandi pada lansia

  •  Fitri Susila
    Anggota

    Sore Dok..

    Saya ingin menanyakan, hari Sabtu lalu Ibu saya yang sudah usia 87 tahun saya gotong ke kamar mandi. Untuk badan, saya gunakan air hangat, tapi untuk membersihkan kotoran saya gunakan air dingin. Ibu saya meronta-ronta karena tidak biasa mandi di kamar mandi dan lantai kamar mandi yang pastinya keras. Mandi sekitar jam stengah tujuh pagi, jam satu siang tiba-tiba Ibu saya demam 38,8 derjat celsius. Tapi tetap saya suapi makan dan minum air gula garam sampai habis, lalu saya minumkan parasetamol 1 pil. Jam stengah 3 saya panggil dokter, dicek tensinya cuma 70/50, dan disarankan segera dibawa ke rumah sakit. Saya langsung bawa ke rumah sakit. Sampai di rumah sakit digunakan monitor pasien. Terlihat tensi Ibu saya normal, dan panasnya sudah turun. Sehingga keputusan dokter Ibu saya baik-baik saja, dan diperbolehkan pulang.

    Yang ingin saya tanyakan, apa mungkin Ibu saya tiba-tiba demam karena shock mandi atau merasa kedinginan? Ibu saya dimensia.

    Trima kasih atas jawabannya

     

    Halo, selamat pagi Fitri. 

    Demam yang dialami oleh ibu anda dapat terjadi karena penggunaan air dingin, cuaca dingin, kulit tubuh terlalu lama terpapar udara dingin (saat mandi), sehingga tubuh berusaha meningkatkan suhu tubuh dan mengakibatkan demam. Namun demikian kondisi demam juga dapat disebabkan oleh hal-hal lain yakni:

    • infeksi virus dan bakteri, seperti flu, radang tenggorokan, dsb
    • obat-obatan tertentu, seperti antihipertensi, antidepresan, dsb
    • berdiri terlalu lama di bawah sinar matahari
    • dsb

     

    Jika setelah diperbolehkan pulang oleh dokter yang memeriksa kemudian  ibu anda kembali mengalami demam di rumah hingga lebih dari 3 hari, maka kami sarankan agar anda memeriksakan kembali ibu anda ke dokter untuk mencari tahu kemungkinan penyebab yang dialami. Anda dapat membantu meredakan demam sementara waktu dengan memberikan obat penurun panas yang dijual bebas seperti paracetamol maupun melakukan kompres dengan air hangat. Selain itu, cukupi kebutuhan istirahat ibu anda dan banyak minum air putih ya. Segera bawa ibu and ke dokter atau UGD terdekat jika ibu anda mengalami kejang, gangguan kesadaran, dan lemah tubuh ya..

     

    Semoga membantu.

    Salam, dr. Denisa