Tanya Dokter

  • demam pada bayi yang sudah berlangsung selama 3 hari

  • Hallo dok. Anak saya berusia jalan 7 bulan. Mengalami demam sudah 3 hari.dengan suhu 38 namun naik turun dan tidak pasti. Kalau dari gejala yang pernah saya baca dari pertumbuhan gigi. Bahwa demam ada yang berpendapat akan tumbuhnya gigi. Anak saya mengalami - kurang nafsu makan - jika malam sering terbangun - saya sentuh gusi nya dia menangis Dan demam pada suhu 38 ke atas.namun tidak pasti kadang turun kadang naik. Sudah pernah saya tanyakan pada dokter saat konsultasi.bahwa jika di angka 40° baru bisa di katakan demam.jika di bawah 40° itu hanya demam biasa.dan tidak perlu khawatir.mungkin bisa jadi akibat gusi yang membengkak dan pertumbuhan gigi Mohon solusinya apa yang bisa saya tindaklanjuti.terimakasih

    Salam,

    DAri info yang Anda sampaikan, demam pada bayi Anda yang sudah berlangsung sekitar3 hari merupakan waktu yang cukup mengganggu bagi anak Anda ataupun bagi Anda sebagai orang tua.

    Bila keluhan demam ini disertai dengan keluhan bayi Anda mengeluarkan air liur, kemerahan atau pembengkakan gusi, maka kemungkinan dapat disebabkan oleh pertumbuhan gigi. Namun, demam pada bayi dengan pertumbuhan gigi tidak berlangsung lama, rata-rata berkisar 1-2 hari, dan suhu tubuh berkisar lebih rendah dari 38 derajat celsius.

    Oleh karena itu, bila bayi ANda sudah merasakan demam sekitar 3 hari, maka perlu dipertimbangkan kondisi lain yang dapat mempengaruhinya, seperti:

    1. flu

    2. radang tenggorokan

    3. gangguan pencernaan

    4. diare

    5. batuk

    Oleh karena itu,sebaiknya Anda berkonsultasi langsung dengan dokter keluarga Anda atau dokter spesialis anak untuk pemeriksaan dan evaluasi keluhan Anak Anda.Dokter akan memastikan penyebab keluhan ini, sehingga penanganan dapat diberikan sesuai indikasinya.

    Yang perlu Anda lakukan adalah mencukupi kebutuhan cairan tubuhnya, kebutuhan gizi, dan Anda dapat memberikan dot untuk mengurangi keluhan pada gusi bila penyebabnya akibat pertumbuhan gigi.

    Demikian info yang bisa kami sampaikan, baca juga demam pada bayi.

    dr.Ulfi