Tanya Dokter

  • Suhu tubuh normal, namun menggigil, sesak dan pusing hebat

  • Kata dr. Nadia, demam itu yg peningkatan suhu tubuhnya di atas 37,5 derajat celcius. Tapi kok saat suhu tbh saya di 36,5 derajat celcius, sakitnya luar biasa.. spt menggiggil, sesak, radang, nyeri sendi panggul, tdk bisa tidur samasekali, serta pusing berat. Namanya apa ya dok kalo bukan demam/adakah istilah lain? Terimakasih

    Halo Elva, 

    Suhu tubuh manusia yang normal berkisar antara 36,5-37,5 derajat Celcius (beberapa sumber menyebutkan 37,2 derajat Celcius). Di antara 37,5-38 derajat dikatakan subfebris, dan 38 derajat Celcius ke atas dikatakan febris (demam) dan lebih dari 41,5 derajat Celcius disebut dengan hiperpireksia. Jika suhu tubuh Anda masih 36, 5 derajat Celcius, maka tidak termasuk demam.  Selengkapnya tentang suhu tubuh bisa dibaca pada artikel Demam

    Demam ini sendiri bukanlah suatu penyakit, melainkan gejala dari suatu penyakit. Demam terjadi sebagai respon tubuh akan adanya infeksi atau hal lain yang menyebabkan hipotalamus mengubah set temperatur tubuh. 

    Tidak semua infeksi yang terjadi disertai demam. Menggigil, sesak, nyeri tenggorokan dan tidak bisa tidur bisa juga merupakan suatu gejala infeksi. Mengigil adalah kontraksi otot berulang sebagai usaha meningkatkan suhu tubuh. Menggigil biasanya terjadi ketika tubuh kedinginan atau sedang mengalami infeksi. Pada infeksi, menggigil bisa terjadi sebelum demam. Tetapi tidak semua menggigil disertai dengan demam. 

    Untuk mengetahui penyebab dari keluhan Anda tentunya perlu evaluasi lebih lanjut dengan pemeriksaan langsung. Perlu wawancara lebih lengkap disertai dengan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan darah agar hasilnya lebih akurat. Dokter akan menentukan penyebabnya dan akan memberikan penanganan yang sesuai untuk Anda.

    Salam, 

    dr. Mega