Tanya Dokter

  • Apakah suhu badan bayi dengan orang dewasa sama?

  •  desper
    Anggota

    dok to the point aja ya, apakah sama dok suhu badan bayi dgn orang dewasa, krn yg dokter jelasin pd pertanyaan sy sblmnya sprtinya utk suhu badan dewasa dok. trims

    desper  dr. Danny
    Dokter

    Hai,

    Suhu badan yang normal bayi dan dewasa sama, yaitu antara 36,5-37,5 derajat celcius. Jika suhu tubuh meningkat diukur dengan alat pengukur suhu tubuh yang dinamakan termometer dimana didapatkan suhu tubuh diatas 37,5 derajat celcius maka dapat dikatakan mengalami demam. 

    Tetapi pada bayi memang jika dilakukan perabaan pada bagian tubuh tertentu seperti pada kepala leher dan bagian tangan atas dapat dirasakan lebih hangat, hal tersebut karena metabolisme tubuh pada anak bayi masih tinggi terutama pada perkembangan sel otak, sehingga dapat didapatkan pada perabaan bagian leher ke atas dan bagian kepala dirasakan lebih hangat. Maka dari itu untuk mengetahui secara pasti apakah suhu tubuh anak Anda normal atau sedang mengalami demam tidak bisa hanya dengan melakukan perabaan saja, tetapi harus dilakukan pengukuran dengan alat termometer.

    Waspadai jika anak Anda mengalami demam, suhu tubuh diatas 38,5 derajat celcius pada bayi dan anak-anak rentan dapat terjadi kejang. Tetapi ambang untuk dapat terjadinya kejang pada tiap anak berbeda-beda, maka dari itu selalu siap sedia obat penurun panas dan alat ukur suhu termometer di rumah. Jika anak Anda mengalami demam sebagai pertolongan pertamanya dapat dengan memberikan obat penurun panas dengan dosis yang sesuai dengan berat badan dan yang dianjurkan oleh dokter, atau dapat dengan cara mengompres badan anak dengan kompres hangat pada bagian dahi dada dan ketiak untuk membantu menurunkan suhu tubuh yang meningkat dan berikan cukup cairan (ASI). Periksakan lebih lanjut kondisi anak jika mengalami demam berkepanjangan untuk menentukan penyebab demam yang dialami anak. 

    baca hal terkait demam pada anak

    Semoga bermanfaat, terimakasih

    dr. Danny