Tanya Dokter

  • Anak usia 9 tahun demam tak kunjung turun

  •  munasir
    Anggota

    Selamat pagi,kalau boleh saya mau bertanya,anak saya umur 9th laki laki,sudah empat hari ini badanya panas,hari pertama panasnya 40c,selama satu hari satu malam,sudah saya beri obat parasetamol dan saya kompres,karna panasnya belum turun,lalu saya bawa ke puskesmas,kenapa selama 3 hari ini panas kok hanya turun sedikit sekali,selama tiga hari inipanasnya 38c,jenis panas dan karakter panas separti itu,di karenakan virus,bakteri,atau inveksi dok,

    Halo,

     

    Demam adalah reaksi tubuh menghadapi segala macam infeksi dan kondisi lain. Infeksi yang disebabkan oleh virus, bakteri/ kuman, parasit dan bahkan  infeksi jamur pada beberapa kondisi medis dapat menyebabkan demam.

    Demam yang tidak turun selama > 2 hari sebaiknya segera diperiksakan kembali agar dokter dapat melakukan pemeriksaan fisik seksama dan tes medis lain seperti tes darah dan tes urin untuk memperjelas kondisi anak Anda.

    Demam dapat disebabkan oleh :

    1. Infeksi, baik oleh virus atau kuman.
    2. Dehidrasi
    3. Paparan panas berlebih
    4. Heat stroke.
    5. Penyakit autoimun.

    Karena demam anak Anda belum mereda maka kami anjurkan Anda untuk kembali memeriksakan anak Anda ke dokter anak terdekat agar mendapatkan pemeriksaan dan pengobatan yang lebih tepat dan optimal.

    Konsumsi obat demam sesuai anjuran , perbanyak air putih dan periksakan kembali kondisi anak Anda ke dokter anak.

    Semoga membantu.

     

    dr. Yusi