Tanya Dokter

  • Makanan yang dianjurkan untuk penderita diabetes

  •  Gus Hida
    Anggota

    Ass.. dok mau nanya lagi, ayah saya umur 59 tahun kena diabetes kering dalam 6 tahun terakhir, badan nya sekarang kurus, sekarang mengkonsumsi beras Bulog, ada yang mengatakan kadar gula beras Bulog sama kayak beras merah, benar gak dok.. soal nya di daerah saya stok beras merah kurang, jadi beralih ke beras Bulog.. Terima kasih dok.. Mohon info nya dok.. wassalamualaikum

    Halo Gus Hilda, terimakasih atas pertanyaannya untuk Alodokter

     

    Penderita diabetes disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang memiliki indeks glikemik rendah. Beras putih (termasuk juga nasi dari beras Bulog) adalah salah satu makanan yang memiliki indeks glikemik tinggi sehingga tidak terlalu baik untuk dikonsumsi penderita diabetes. Penderita diabetes lebih disarankan untuk mengganti beras putih dengan karbohidrat lainnya yang memiliki indeks glikemik lebih rendah misalnya beras merah, beras coklat, atau beras basmati, yang indeks glikemiknya termasuk sedang, ataupun oatmeal (bukan yang instan), gandum utuh, pasta dari gandum utuh, yang indeks glikemiknya termasuk rendah.

    Penderita diabetes juga disarankan untuk konsumsi makanan yang berserat lebih banyak, seperti sayur-sayuran dan buah-buahan. Pemilihan buah juga sebaiknya dilakukan dengan bijaksana. Contoh buah dengan indeks glikemik rendah yang baik dikonsumsi penderita diabetes antara lain apel, buah pir, jeruk, persik, plum, stroberi. Sementara itu buah yang memiliki indeks glikemik tinggi yang konsumsinya perlu dibatasi oleh penderita diabetes antara lain pisang, nanas, semangka, melon, pepaya, dll.

    Selain menjaga pola makan, sebaiknya ayah anda juga menyertainya dengan pola hidup yang sehat. Lakukan olahraga secara rutin (minimal 30 menit sehari), tingkatkan aktivitas fisik, berhenti merokok, hindari alkohol, kurangi stress, cukup istirahat juga akan membantu memperbaiki kondisi gula darah yang tinggi. Pastikan juga ayah anda meminum obat diabetes dari dokter secara teratur. Jangan berhenti minum obat meskipun gula darah sudah mencapai normal, karena gula darah akan kembali menjadi tinggi jika tidak meminum obat. Untuk mengetahui lebih jelas makanan yang baik untuk ayah anda makan, ayah anda juga dapat berkonsultasi dengan dokter Ahli Gizi.

    Berikut ini artikel yang dapat anda baca seputar diabetes, makan untuk penderita diabetes, dan indeks glikemik makanan.

     

    Sekian informasi dari saya, semoga cukup menjawab

    dr. irna cecilia