Tanya Dokter

  • Diagnosa penyakit dalam

  •  amasina
    Anggota

    Hello dok.. saya mengalami pusing (dizziness) dan sakit perut sudah hampir mau dua bulan. Gejalanya tidak selalu tetapi sering hilang dan muncul. Sakit perut itu pada bagian bawah daerah perut dan kadang menyebabkan diare. Saya sudah periksa ke rumah sakit 3 kali dan sudah diberikan banyak obat untuk di konsumsi namun gejalanya masih sering muncul. Bahkan dari diagnosa USG tidak ada masalah serius pada daerah perut dan semua organ tubuh adalah normal. Tetapi sampai sekarang perut saya masih sering sakit,pusing dan badan lemas. Rasa Pusing itu terjadi ketika saya merasa perih di perut dan rasa lapar sepertí perut kosong walaupun baru selesai makan. Napsu makan saya sangat baik. Sekarang saya juga sedang mengalami batuk kering dan pilek. Ini penyakit apa dok? Mohon solusinya dok. Terimakasih

    Salam,

    Dari info yang Anda sampaikan, keluhan pusing dan gangguan perut sampai diare yang sudah Anda rasakan sekitar 2 bulan, kemungkinan menunjukkan masa pemulihan dan dan perawatan yang belum optimal Anda jalani. Keluhan pusing dan gangguan pencernaan, yang sembuh atau membaik,kemudian kambuh lagi setelah beberapa hari, atau bahkan tidak kunjung pulih sampai berhari-hari atau berminggu-minggu, kemungkinan dapat disebabkan oleh beberapa kebiasaan buruk terhadap kesehatan pencernaan yang masih Anda lakukan.Pada saat gangguan pencernaan muncul, sampai diare, adanya keluhan pusing, keringat dingin, nyeri perut, sampai mual juga dapat Anda rasakan.

    Oleh karena itu, beberapa hal perlu Anda perhatikan selama masa perawatan dan pengobatan yang diberikan oleh dokter Anda, yaitu:

    1. makanlah tepat waktu dan teratur

    2. hindari makanan pedas,mie, bakso,nasi goreng, santan, kopi, soda, makanan siap saji

    3. identifikasi dan hindari makananan apapun terutama yang menyebabkan keluhan nyeri perut dan BAB lembek atau cair setelah Anda mengkonsumsinya dalam 24 jam sebelum keluhan nyeri perut muncul, selanjutnya jangan mengkonsumsinya lagi

    4. hindari kelelahan fisik

    5. hindari stres atau cemas

    6. hindari tidur larut malam

    7. idealkan berat badan Anda

    Beberapa kondisi di bawah ini dapat menyebabkan keluhan seperti yang Anda sampaikan, seperti gangguan lambung, intoleransi makanan, alergi makanan, infeksi pencernaan, gangguan liver.

    Oleh karena itu, pemeriksaan langsung oleh dokter keluarga Anda atau dokter penyakit dalam diharapkan dapat membantu menentukan penyebabnya dan melanjutkan perawatan yang diperlukan. Sehingga Anda juga dapat menjaga serta mencegah apapun yang meningkatkan keluhan Anda.

    Demikian info yang bisa kami sampaikan, baca juga gangguan lambung.

    dr. Ulfi